Cara Baru Honda Jualan Mobil di Jepang

CNN Indonesia
Rabu, 06 Oct 2021 22:50 WIB
Honda menawarkan cara beli mobil baru secara sepenuhnya online, mulai dari konsultasi hingga tanda tangan kontrak. Honda Fit. (honda.co.jp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda menjadi produsen mobil pertama di Jepang yang menjual mobil baru secara online. Seluruh proses mulai dari konsultasi hingga tanda tangan kontrak pembelian diselesaikan secara virtual.

Layanan yang disebut Honda ON itu mulai dijalankan sejak Senin (4/10) untuk warga Tokyo berbasis kontrak berlangganan. Rencananya penjualan seperti ini akan diperluas ke seluruh Jepang pada tahun depan.

Honda berharap dapat menumbuhkan permintaan domestik dari konsumen yang mau menghindari layanan tatap muka di tengah pandemi Covid-19.


Pelanggan dapat memilih kontrak tiga atau lima tahun untuk salah satu dari empat model andalan yang tersedia, yaitu N-Box, Fit (Jazz), Freed, dan Vezel (HR-V). Konsumen perlu membayar biaya bulanan yang sudah termasuk pemeliharaan dan pemeriksaan wajib lalu ada opsi membeli mobil itu sebelum kontrak habis.

Pelanggan dapat menentukan pilihan kendaraan di situs yang sudah disediakan dan hanya perlu pergi ke dealer saat menerima pengiriman mobil.

Toyota sudah menawarkan layanan langganan seperti ini di Jepang yang memungkinkan pelanggan mengembalikan kendaraan saat kontrak berakhir. Pengguna layanan Toyota akan dikenakan biaya tambahan jika kendaraan mereka melebihi jarak tempuh tertentu, seperti dilansir dari Kyodo News.

Penjualan kendaraan secara online seperti ini bukanlah hal baru, karena telah diperkenalkan di pasar lain misalnya Tesla. Toyota dan Nissan juga telah menyiapkan sistem di Amerika Serikat yang memungkinkan pelanggan menyelesaikan pembelian mobil baru secara online.

(mrh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER