TIPS OTOMOTIF

7 Cara Mengemudi Hemat BBM

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 13:30 WIB
Supaya mobil ini semakin irit, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan. Berikut caranya. Faktor utama mengemudi irit BBM yang paling mudah adalah dengan mempertahankan laju kendaraan. (Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap pengguna mobil ingin kendaraannya irit konsumsi bahan bakar. Alasannya karena tidak mau mengeluarkan uang lebih untuk "membakar" bahan bakar.

Untuk diketahui, faktor utama mengemudi irit BBM yang paling mudah adalah dengan mempertahankan laju kendaraan. Supaya mobil ini semakin irit, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan. Berikut rangkumannya:

1. Tekanan udara ban

Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara sering terlupakan padahal sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Sebagai contoh, jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Apalagi jika penumpang di dalam mobil juga banyak, otomatis bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.


2. Manajemen perjalanan

Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

3. Jaga emosi saat mengemudi

Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, seorang pengemudi tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas. Jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain sehingga membuat konsumsi bensin bertambah.

4. Mengemudi dengan halus

Selepas menyalakan mesin, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berjalan. Pastikan segala keperluan, seperti kartu e-toll, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.

Berkendara dengan santai dan halus saat menginjak pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem. Segera matikan mesin saat berhenti lama, seperti di mini market atau rest area jalan tol. Terlihat sepele, tapi kalau diakumulasi akan terasa keuntungannya.

Ada Beberapa Cara Mengemudi Hemat BBM

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK