EDUKASI & FITUR

Beda Helm Motor dan Mobil Balap, Tak Boleh Tertukar

CNN Indonesia
Senin, 11 Oct 2021 16:51 WIB
Helm motor bisa digunakan sebagai helm mobil balap jika mengantongi sertifikat uji tertentu untuk memastikan keamanannya. Helm motor dan helm mobil balap berbeda desain dan fungsinya. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Helm diciptakan sebagai pelindung atau peredam guncangan bagian kepala penggunanya saat terlibat kecelakaan. Helm tidak hanya diciptakan untuk pengendara sepeda motor, pada industri balap mobil helm juga tersedia untuk pebalap.

Ada berbagai jenis helm balap mobil, namun umumnya ada dua, yakni full face dan open face (sering disebut half face). Bentuk helm motor dan balap mobil bisa jadi sama, namun yang membedakannya adalah detail.

Tahan Api

Detail utama sebagai pembeda yakni soal ketahanan api. Helm balap mobil harus lulus uji api karena pengemudi berisiko terjebak di dalam mobil yang terbakar usai kecelakaan.


Helm balap mobil memiliki lapisan tahan api Nomex di bagian dalamnya. Lalu karet sil di area mata didesain bisa meleleh kemudian menutup visor helm agar melindungi pengemudi menurut Web 24.

Tahan Gesekan

Pengendara motor jarang sekali berurusan dengan api, namun punya potensi lebih besar pada benturan dan gesekan hebat. Ini sebabnya helm motor biasanya tak ada lapisan tahan api, tetapi dibuat tahan benturan dan gesekan.

Pada helm mobil balap juga dibuat tahan benturan, misalnya mengantisipasi kena setir, dasbor, roll cage, atau lainnya. Meski begitu secara umum tidak didesain tahan gesekan.

Menjaga leher dan kepala

Semua tes standar pada helm mobil balap mesti melibatkan komponen ketahanan sistem penjaga kepala dan leher yang dikenal dengan istilah sistem HANS (Head and Neck Support).

Komponen ini fungsinya mengurangi risiko cedera kepala dan leher dengan menjaga kepala pengemudi lebih stabil jika terjadi kecelakaan.

Ventilasi, aerodinamika, dan bising

Helm mobil balap tidak didesain spesial buat mengatasi aerodinamika dan bising seperti dibutuhkan helm motor. Selain itu ventilasi udara pada helm motor jauh lebih kompleks dibanding helm mobil balap yang tidak terpapar langsung angin bergerak karena ada kaca depan.

Kemudian pada helm motor juga biasanya punya area visor lebih luas lantaran memudahkan visibilitas pengendara.

Menurut Motor Biscuit helm motor dan mobil balap jangan tertukar penggunananya. Sebagian helm motor bisa digunakan untuk mobil balap, namun perlu dipastikan sudah melewati uji spesifikasi misalnya seperti dilakukan Snell.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER