Chip Langka, Penjualan Mobil Honda Indonesia Seret September

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 15:54 WIB
Honda Prospect Motor mengakui masalah kelangkaan chip semikonduktor mempengaruhi produksi pada Agustus dan September. Honda Mobilio. (Honda Prospect Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjualan mobil Honda pada September 2021 mengalami penurunan cukup tajam diakibatkan kelangkaan komponen. Efek situasi ini sekaligus membuat Honda keluar dari daftar lima besar merek mobil terlaris Indonesia.

Retail atau penjualan dari dealer ke konsumen Honda pada September hanya 3.362 unit, sementara bulan sebelumnya atau Agustus mencapai 7.341 unit. Hasil ini menurunkan Honda ke peringkat enam, di bawah produsen kendaraan komersial Mitsubishi Fuso.

Dalam keterangan tertulisnya Honda menyebutkan pada periode Agustus dan September pihaknya memang mengalami tekanan khususnya kelangkaan pasokan komponen chip semikonduktor. Kondisi tersebut diketahui imbas dari kelangkaan komponen yang terjadi secara global.


Honda menyebutkan kondisi itu pada akhirnya menyebabkan pasokan mobil untuk konsumen terganggu. Saat ini Honda menjelaskan telah dapat meningkatkan volume produksi secara bertahap dan terus berupaya mempercepat pemenuhan permintaan konsumen.

Menurut Honda gangguan pasokan komponen yang terjadi selama beberapa bulan terakhir berdampak terhadap produk dengan volume produksi dan permintaan tinggi antaranya Brio, HR-V, dan CR-V.

"Gangguan terhadap pasokan model-model tersebut juga berdampak terhadap penjualan retail Honda pada bulan September lalu," kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor, Selasa (12/10).

Jika diurai, kontribusi penjualan terbesar Honda pada September berasal dari City Hatchback RS sebanyak 1.053 unit dan Brio 1.027 unit yang terdiri dari Brio Satya 811 unit dan Brio RS 216 unit.

Selanjutnya HR-V 1.5 L terjual 690 unit, CR-V 175 unit, Mobilio terjual 127 unit, Honda BR-V 125 unit, HR-V 1.8 L 63 unit, Civic Hatchback RS 60 unit, dan Odyssey sebanyak 22 unit.

Berikutnya pada segmen sedan, terdapat Accord dengan penjualan 12 unit dan Civic sebanyak 6 unit. Honda City dan Honda Civic Type R masing-masing terjual sebanyak 1 unit.

"Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada konsumen atas permintaan yang masih tinggi terhadap produk-produk Honda, meskipun saat ini masih terjadi gangguan terhadap pengiriman mobil akibat kelangkaan komponen untuk produksi," ungkap Billy.

Berikut Daftar 10 Merek Mobil Terlaris September

Toyota 26.454 unit
Daihatsu 14.187 unit
Mitsubishi 8.930 unit
Suzuki 7.355 unit
Mitsubishi Fuso 3.390 unit
Honda 3.362 unit
Isuzu 2.474 unit
Wuling 2.318 unit
Hino 1.711 unit
Mazda 385 unit

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK