Ada Aplikasi, Mobil Listrik Tanpa Khawatir Baterai Drop

CNN Indonesia | Rabu, 13/10/2021 16:03 WIB
Aaplikasi PLN Mobile dapat cek lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) terdekat. SPKLU tersedia di beberapa kota besar di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Solo dan Bali. (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

PLN merilis fitur baru pada aplikasi PLN Mobile yang dapat cek lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) terdekat. Pengguna mobil listrik kini tak perlu khawatir baterai habis saat mengemudi.

Wakil Direktur Utama PT. PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan SPKLU PLN saat ini sudah tersedia informasi lokasi, dengan mengakses aplikasi.

"Untuk charge.in kita sudah punya peta stasiun pengisian umum di mana saja. Dari charge.in itu kita bisa tahu, eh saya baru naik mobil listrik nih mau ke mana langsung diklik arahnya pakai Google Maps," ujar Darmawan secara virtual, Rabu (13/10).


Lebih lanjut dia menjelaskan pembayaran pada SPKLU juga kini sudah bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (HIMBARA). Lewat aplikasi itu pelanggan yang menggunakan mobil listrik juga dapat mengatur berapa kWH yang akan diisi ke mobil masing-masing.

"Ini sudah kita bangun juga sudah ada semuanya kita nanti bisa pakai bank Himbara pakai semuanya, dan kemudian bisa pakai ngisi listrik mobil berapa kwh langsung diatur semuanya," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com fitur SPKLU di aplikasi PLN Mobile sudah dapat digunakan dan memberikan informasi letak SPKLU. Namun SPKLU baru tersedia di beberapa kota besar di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Solo dan Bali.

Pengguna PLN Mobile juga bisa langsung menghubungkan lokasi SPKLU lewat Google Maps untuk mengarahkan lokasi pengguna.

Selain itu ada pula fitur riwayat transaksi dan riwayat konsumsi energi mobil listrik sebelumnya.

Platform Charge-IN merupakan sistem terintegrasi pengisian baterai tenaga listrik, yang menggabungkan sistem pembayaran, penyediaan informasi titik pengisian, yang memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik.

PLN saat ini sudah punya 46 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 33 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

PLN menargetkan membangun 67 unit SPKLU yang tersebar di Indonesia sampai dengan akhir 2021. Sementara dalam Grand Strategi Energi Nasional, pemerintah menargetkan pembangunan 572 SPKLU pada 2021 dan mencapai 31 ribuan unit pada 2030.

Hingga saat ini perseroan telah membangun 32 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Aplikasi Charge.in di 22 lokasi tersebar di 12 kota, serta 33 titik Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) tersebar di 3 kota yaitu Banten, Bandung, dan Bali.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK