10 Cara Mempercepat Performa Windows 10 yang Lemot

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 08:19 WIB
Seiring berjalannya waktu, performa Windows 10 bisa melambat akibat pemakaian. Berikut cara mempercepat Windows 10 yang lemot. Ilustrasi. Ada beberapa cara mempercepat Windows 10 yang lemot. (StockSnap/Luis Llerena)
Jakarta, CNN Indonesia --

Windows 10 yang dikembangkan Microsoft termasuk sistem operasi (OS) komputer yang sampai saat ini masih banyak digunakan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, performa hardware dan software Windows 10 yang terpasang itu bisa menurun sehingga membuat kinerja jadi melambat.

Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara mempercepat Windows 10 yang lemot supaya kinerja perangkat tetap maksimal. Berikut seperti dilansir dari Techradar.


1. Restart PC

Restart merupakan cara sederhana untuk memulihkan performa Windows di PC yang biasanya terlalu lama menyala ketika digunakan.

Dengan melakukan restart, OS akan beristirahat supaya tidak terlalu lelah. Terlalu lelah membuat kinerja OS menurun.

Selain restart PC, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan tab halaman. Usahakan agar tidak terlalu banyak tab halaman yang dibuka.

Setelah PC selesai digunakan, segera matikan agar sistem kembali pulih.

2. Upgrade Windows 10

Ilustrasi Windows 10Ilustrasi. Upgrade Windows jadi salah satu cara mempercepat Windows 10 yang lemot. (Dok. Windows via Facebook)

Upgrade Windows 10 sering kali dilakukan Microsoft untuk memaksimalkan kinerja sistem sebelumnya.

Anda bisa cek secara berkala ke menu pengaturan untuk melihat pembaruan sistem Windows 10. Jika tersedia, bisa langsung ikuti petunjuk yang mengarahkan upgrade.

Sebelumnya, pastikan file atau data-data penting sudah dicadangkan supaya tidak hilang saat proses pembaruan berlangsung.

3. Disk cache readyboost

Windows memiliki fitur bawaan Disk Cache ReadyBoost untuk memanfaatkan flash memory seperti USB Flashdisk, SD Card, Compact Flash, yang berguna meningkatkan performa PC.

ReadyBoost bekerja untuk melakukan monitor program yang berjalan pada laptop dan bekerja secara otomatis untuk menyimpan berbagai file ke dalam flash memory.

Nantinya, Windows melakukan penyimpanan data dari SuperFetch ke flashdisk. Dengan begitu, memori sistem menjadi lebih kosong dan bisa digunakan untuk melakukan proses lainnya.

4. Disk Cleanup

Ilustrasi bekerja dengan komputerIlustrasi. Menggunakan program seperti Disk Cleanup juga bisa jadi salah satu cara mempercepat Windows 10 yang lemot. (morgueFile/wax115)

Cara mempercepat Windows 10 yang lemot lainnya bisa dengan Disk Cleanup. Nama terakhir merupakan sistem program bawaan Windows 10 yang berfungsi untuk menghapus file sementara di PC.

Anda dapat menemukan Disk Cleanup di menu Windows, lalu centang file yang ingin dihapus dan klik 'Bersihkan File sistem' untuk mulai menghapus.

File yang berhasil dihapus akan menyisakan ruang penyimpanan baru sehingga performa Windows tidak lemot.

5. Hapus software tidak penting

Ada beberapa software yang biasanya dipasang secara manual atau bawaan dari Windows. Biasanya, perangkat bawaan itu bersifat bloatware dan tidak terlalu diperlukan.

Perangkat lunak yang terpasang dan bekerja aktif semua di PC akan sangat memengaruhi kinerja sistem operasi.

Oleh karena itu, sebaiknya sortir kembali bloatware yang kurang penting dan hapus supaya tidak menghambat kerja Windows 10.

Simak cara mempercepat Windows 10 yang lemot lainnya di halaman berikutnya...

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 yang Lemot

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER