Penyebab Memori Hp Android Penuh dan Cara Mengatasinya

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 07:45 WIB
Ruang penyimpanan pada ponsel pintar merupakan elemen yang sangat penting dalam menunjang performa ponsel Ilustrasi memori penyimpanan ponsel Android penuh dan mengganggu kinerja sistem operasi. (Foto: (dpk. Samsung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memori penyimpanan ponsel Android bisa penih. Memori yang penuh ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan tergantung kebiasaan pengguna dalam menggunakan gawainya.

Ruang penyimpanan pada ponsel pintar merupakan elemen yang sangat penting dalam menunjang performa ponsel, selain prosesor yang digunakan. Ketersediaan ruang penyimpanan yang sempit akan memberi gangguan pada kinerja ponsel tersebut.

Maka dari itu pengguna perlu memerhatikan kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel untuk menjaga kinerja ponselnya tetap optimal. Berikut alasan memori penyimpanan ponsel Android penuh dan cara mengatasinya:


Sistem operasi berukuran besar

Sistem operasi pada ponsel Android akan terus memberikan pembaruan untuk memberikan keamanan dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dengan pembaruan tersebut, ukuran dari sistem operasi tersebut pun akan semakin besar.

Pada ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang kecil, sistem operasi yang berukuran besar akan membebani ruang penyimpanan pada ponsel tersebut.

Data yang menjadi bagian dari sistem operasi tentu saja tidak bisa dihapus karena hal tersebut akan mengganggu kinerja pada sistem ponsel.

Data pesan instan menumpuk

Budaya berkirim pesan pada aplikasi pesan instan sudah menjadi bagian dari pola komunikasi masyarakat saat ini.

Penggunaan aplikasi pesan instan dalam jangka panjang tentu akan membuat penumpukan pesan. Selain itu budaya berkirim foto dan video juga akan semakin memperbesar ruang penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi pesan instan tersebut.

Maka dari itu pengguna perlu melakukan cek berkala pada aplikasi pesannya, agar tidak terjadi penumpukkan data yang berakibat pada memori ponsel penuh.

Pengguna bisa mengakali hal ini dengan menghapus sejumlah pesan yang sudah tidak terpakai atau melakukan back up pada pesan-pesan yang dianggap penting.

Aplikasi berukuran besar

Sebuah aplikasi akan menunjukkan ukuran yang digunakan saat diunduh. Namun ukuran tersebut hanya ukuran aplikasi pada saat awal digunakan.

Pada penggunaan dalam jangka panjang, aplikasi tersebut akan menyimpan sejumlah data yang akan membebani ruang penyimpanan dari ponsel pengguna.

Pengguna bisa saja menghapus data-data yang ada pada aplikasi tersebut secara manual, namun pengguna perlu berhati-hati agar tidak menghapus data penting yang bisa berdampak pada kinerja aplikasi.

Kemudian sejumlah aplikasi kerap memberikan pembaruan yang menyebabkan aplikasi tersebut semakin membengkak ukuran filenya.

Selain itu, sejumlah aplikasi saat ini berukuran sangat besar sedari awal, seperti gim-gim dengan resolusi gambar yang sangat bagus dan gameplay yang rumit.

File berukuran besar

Ponsel yang memiliki kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Penumpukan file foto dan video dalam waktu lama akan membebani ruang penyimpanan ponsel.

Kemudian hal ini ditambah juga dengan tren penggunaan sosial media yang menumbuhkan produksi konten dalam bentuk foto dan video.

Selain foto dan video, penggunaan aplikasi pemutar musik juga menggunakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Terlebih jika pengguna mengunduh lagu-lagu yang ada pada aplikasi tersebut agar bisa didengarkan secara offline.

Aplikasi tidak terpakai

Pengguna kerap mengunduh bermacam aplikasi pada ponselnya terutama aplikasi-aplikasi yang sedang menjadi tren. Namun tak jarang pengguna hanya menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu singkat.

Selain itu, pengguna mengunduh aplikasi baru, namun tidak menghapus aplikasi lama yang tidak terpakai.

Aplikasi tersebut jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel. Selain memenuhi ruang penyimpanan, aplikasi tersebut juga akan membebani prosesor karena kemungkinan masih bekerja di 'background.'

(lnn/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER