Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 11:45 WIB
Mengapus akun Facebook secara permanen membutuhkan masa tunggu 90 hari. Ilustrasi Facebook. (REUTERS/DADO RUVIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Media sosial seperti Facebook bukan cuma bisa memberi dampak positif tetapi juga negatif. Salah satu opsi meninggalkan dunia Facebook yaitu menghapus akun secara permanen, namun bisa jadi tak semua orang mengerti caranya.

Dilansir dari wired.com, tidak ada yang salah jika Anda memutuskan menghapus akun Facebook pribadi. Itu semata-mata dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran Anda usai membaca berita viral negatif di media sosial.

Menghapus aplikasi Facebook dari perangkat saja belum cukup. Pasalnya meski sudah dihapus, data Anda di Faebook masih tersimpan tanpa batas waktu sambil menunggu Anda kembali.


Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghapus akun Facebook selamanya yakni menonaktifkan akun sebelum menghapusnya secara permanen. Untuk menonaktifkan akun Anda, klik panah menghadap ke bawah di kanan atas halaman saat Anda memuat Facebook.

Klik pengaturan dan privasi, lalu pengaturan. Kemudian di sisi kiri ada opsi panel yang harus Anda klik, Informasi Facebook Anda. Nanti akan muncul pilihan fitur: penonaktifan dan penghapusan, dimana dua opsi tersebut merupakan sama-sama cara untuk melakukan penonaktifan akun.

Kemudian klik lanjutkan ke penonaktifan akun. Anda harus memasukkan kembali kata sandi Anda untuk membuka halaman yang mengharuskan memberikan alasan untuk keluar dan memberi Anda kesempatan memilih keluar dari email Facebook.

Pilih semua yang berlaku, tekan tombol Nonaktifkan yang berwarna dan sebut saja sehari sebagai pilihan tercepat.

Fitur penonaktifaan dalam praktiknya akan tetap membuat pesan yang pernah Anda kirim ke teman tetap ada di kotak masuk mereka. Anda juga masih akan terdaftar sebagai teman di daftar pertemanan teman-teman Anda.

Bahkan unggahan dan komentar yang pernah Anda buat di grup akan tetap dapat dilihat oleh admin. Dan, sekali lagi, Facebook akan terus menyimpan semua data Anda selamanya.

Oleh sebab itu, yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali adalah masuk kembali ke akun Anda.

Permanen

Namun, jika Anda serius untuk sama sekali tidak memainkan dan terkoneksi dengan Facebook, Anda harus memikirkan untuk memindahkan data dan kenangan Anda ke layanan lain sebelum Anda benar-benar menghapus akun secara permanen. Hanya saja hal ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Caranya mirip seperti ketika Anda mau menonaktifkan akun, buka Pengaturan dan Privasi, lalu Pengaturan. Di panel sebelah kiri, buka Informasi Facebook Anda tapi pilih penghapusan.

Jika Anda hanya ingin beralih dimana Anda menyimpan semua materi itu secara online, tekan Transfer a Copy of Your Information, lalu pilih di antara sembilan opsi yang diberikannya kepada Anda, mulai dari Dropbox, Foto Google, Backblaze, semacam itu.

Setelah Anda memilih layanan, Anda dapat memilih jenis data yang ingin Anda transfer dan berapa banyak; untuk foto, misalnya, Anda dapat mengatur rentang tanggal, atau memilih album tertentu.

Buat keputusan itu, sambungkan ke layanan tujuan, dan biarkan transfer dimulai. Anda mungkin harus melalui proses ini beberapa kali jika Anda ingin foto pergi ke satu tempat dan posting dan semacamnya pergi ke tempat lain.

Anda juga dapat memilih untuk menjadikan semuanya offline sepenuhnya dengan memilih untuk mengunduh Informasi Anda. Ada 44 kategori data, dan Anda tidak akan menginginkan semuanya karena kebanyakan orang dapat mengucapkan selamat tinggal pada Facebook tanpa mengunduh riwayat program dan data mereka yang tersimpan.

Jika sudah, Anda siap menghapus akun Facebook Anda secara permanen. Ikuti jejak yang sama seperti untuk penonaktifan, yaitu Pengaturan, Pengaturan dan Privasi, lalu Informasi Facebook Anda, kemudian Penonaktifan dan penghapusan.

Kali ini, pilih hapus akun, lalu lanjutkan ke penghapusan akun. Pilihan ini akan meminta Anda untuk menonaktifkan dan mengingatkan Anda untuk mengunduh data serta peninggalan Anda sebelum Anda pergi.

Tekan hapus akun, dan Anda harus memasukkan kata sandi Anda lalu klik lanjutkan. Dan kemudian akun Anda resmi terhapus.

Tapi, tak selesai di situ, Facebook masih memberikan Anda waktu tenggang selama 30 hari untuk berjaga-jaga jika Anda berubah pikiran. Untuk mengembalikannya lagi, cukup masuk kembali ke akun Anda dan klik Batalkan Penghapusan.

Facebook mengatakan perlu waktu 90 hari untuk benar-benar menghapus semua data akun Anda. Selama itu, mungkin masih tersimpan sebagian data di penyimpanan cadangan yang disimpannya untuk tujuan pemulihan. Selamat mencoba!

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER