Mengintip Seberapa Mahal Misi Lucy Milik NASA

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 12:30 WIB
Misi Lucy yang mengeksplorasi asteroid menghabiskan dana yang tidak sedikit, hingga triliunan rupiah. Misi Lucy yang mengeksplorasi asteroid menghabiskan dana yang tidak sedikit hingga triliunan rupiah. (AP/Tim Shortt)
Jakarta, CNN Indonesia --

NASA memiliki misi baru yang dinamakan Lucy untuk menjelajahi asteroid Trojan selama 12 tahun demi mempelajari terbentuknya planet-planet di Tata Surya.

NASA menyebut misi Lucy telah dijadwalkan untuk lepas landas pada Sabtu (16/10). Ini akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menjelajahi asteroid Trojan Jupiter dan juga yang pertama memeriksa beberapa target tata surya independen.

Misi Lucy ke Asteroid Trojan ditaksir menelan biaya $ 989,1 juta atau sekitar Rp13,9 triliun. Dari angka tersebut, sebanyak $560 juta atau Rp7,8 triliun di antaranya disebut digunakan untuk pengembangan pesawat ruang angkasa.


Sedangkan $149 juta atau Rp2,1 triliun untuk peluncuran serta $280 juta atau Rp3,9 triliun akan dihabiskan untuk operasi mendukung misi utama selama 12 tahun perjalanan, seperti melansir Planetary

Pesawat ruang angkasa NASA, Lucy, akan mempelajari asteroid Trojan dari dekat dan diharapkan dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana planet-planet di tata surya kita terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu. Slain untuk mencari jawaban kenapa mereka berakhir dalam konfigurasinya saat ini.

Para ilmuwan disebut akan menggunakan kamera hitam putih Lucy untuk menghitung jumlah kawah di permukaan asteroid yang akan memungkinkan mereka mempelajari lingkungan tempat asteroid terpapar miliaran tahun lalu.

Misi Lucy yang rencananya menempuh perjalanan selama 12 tahun itu menjadikannya misi terpanjang NASA sejauh ini. Pada tahun 2025, Lucy direncanakan akan terbang melewati Donaldjohanson yang mengorbit di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Pesawat ruang angkasa itu juga akan mencapai kawanan pertama Trojan pada Agustus 2026. Pada September 2027, ia akan terbang melalui Polymele, dan Leucus pada 2028 dan kemudian Orus pada November 2028, seperti dilaporkan NASA.

Lucy akan berayun kembali melewati bumi dengan bantuan gravitasi ketiga ke sisi lain Jupiter. Di sini ia akan bertemu dengan Ptroclus dan Meonetius pada tahun 2033.

Perjalanan 12 tahun Lucy diperkirakan akan berakhir dengan dua cara, yakni kembali ke bumi sebagai artefak atau terlempar ke matahari atau keluar dari tata surya oleh Jupiter.

(eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER