KONSULTASI OTOMOTIF

Risiko Membiarkan Oli Mesin Motor Rembes

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 13:17 WIB
Meski oli merembes tidak selalu dikaitkan dengan kerusakan di mesin, namun pemilik harus mengantisipasi kondisi tersebut. Ilustrasi oli mesin motor rembes. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Honda Scoopy rembes olinya, apakah akan merusak mesin jika tidak secepatnya diperbaiki?

Penanya: @ari_anggara15

Jawaban:


Sejumlah pemilik sepeda motor sering menemui mesin motornya terlihat kotor. Setelah dicek ternyata disebabkan rembesan oli dari dalam mesin. Rembesan oli mesin motor ada beberapa penyebab.

Namun untuk diingat merembesnya oli bukan pertanda ada kerusakan pada mesin. Tetapi jika olinya sampai habis sudah pasti mesinnya akan rusak. Oli mesin rembes bisa jadi cuma paking blok silinder yang bocor, atau karena termakan usia.

Meski oli merembes tidak selalu dikaitan dengan kerusakan di mesin, namun pemilik harus mengantisipasi kondisi tersebut. Lebih baik bawa motor ke bengkel terpercaya begitu melihat rembesan oli untuk mencegah oli mesin berkurang banyak.

Ergus - Tangerang, Banten (IG R59 Racing)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER