Cara Pakai Joinable Call, Fitur Baru di WhatsApp

cha | CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 13:50 WIB
WhatsApp resmikan fitur joinable call, yang memungkinkan pengguna bergabung di tengah-tengah video call grup WhatsApp. WhatsApp resmikan fitur joinable call, yang memungkinkan pengguna bergabung di tengah-tengah video call grup WhatsApp. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp resmi mengumumkan fitur baru joinable call, atau panggilan telepon yang dapat digabungkan langsung ke dalam obrolan grup. Ada beberapa cara pakai joinable call yang bisa dilakukan pengguna.

WhatsApp mengumumkan pada hari Senin (18/10) bahwa pihaknya memperluas fitur panggilan yang dapat digabungkan ke obrolan grup.

Fitur joinable call pertama kali diperkenalkan pada Juli 2021 lalu, memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan panggilan grup yang sedang berlangsung.


Dengan perluasan fitur ini, pengguna sekarang dapat menelepon grup WhatsApp dan bergabung dengan panggilan langsung dari jendela obrolan grup.

Dikutip Indian Express, WhatsApp juga mencatat bahwa pemberitahuan panggilan sekarang akan menampilkan nama grup, bukan hanya nama peserta.

Panggilan yang sedang berlangsung ditampilkan dalam daftar obrolan, sehingga pengguna dapat melihat grup mana yang memiliki panggilan langsung segera setelah membuka aplikasi.

"Kami membuatnya lebih mudah untuk terhubung secara spontan dengan grup Anda. Bergabunglah dengan panggilan yang sedang berlangsung dengan grup Anda kapan saja, dengan mudah dan langsung dari tampilan obrolan dengan satu klik," kata WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Dengan semakin populernya panggilan grup, mengintegrasikan panggilan yang dapat digabungkan pengguna WhatsApp cara spontan, untuk terhubung dengan grup keluarga dan teman.

Selain itu, WhatsApp mengatakan panggilan saat ini memiliki nada dering yang berbeda, membuat pengguna terasa "seperti mengirim dan menerima pesan."

Cara pakai fitur joinable call WhatsApp

Panggilan video atau video call di WhatsApp bisa menampung sampai dengan delapan orang. Saat menerima panggilan video grup, pengguna akan melihat notifikasi berisi peserta yang ikut pertemuan tersebut.

Kontak yang pertama dicantumkan adalah orang yang menambahkan ke panggilan video tersebut.

Klik gabung atau join untuk mengikuti panggilan video tersebut. Jika panggilan tersebut tidak terjawab atau menjadi "missed call", pengguna bisa melihat di tab history call atau panggilan.

Jika panggilan video masih berlangsung, pengguna bisa mengetuknya untuk bergabung. Pengguna juga bisa keluar, kemudian bergabung lagi jika panggilan masih berlangsung.

Fitur joinable call di WhatsApp ini baru tersedia untuk sistem operasi Android minimal versi Jelly Bean 4.1.

Dikutip Tech Crunch, perusahaan milik Facebook itu telah meluncurkan beberapa fitur baru selama beberapa bulan terakhir untuk mempertahankan dan menarik pengguna baru.

Baru-baru ini, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi cadangan riwayat obrolan mereka di iCloud atau Google Drive.

Meskipun perusahaan menawarkan obrolan terenkripsi antara pengguna di platformnya, pengguna tidak memiliki sarana untuk melindungi cadangan obrolan yang disimpan di cloud.

Penambahan cadangan obrolan terenkripsi mengatasi celah besar yang telah dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mendapatkan komunikasi pribadi antar pengguna.

WhatsApp mengatakan menyediakan fitur baru ini kepada pengguna di setiap pasar tempat aplikasi beroperasi.

(cha/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER