Cara Download Video YouTube di Laptop

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 08:51 WIB
YouTube jadi layanan video streaming paling populer. Berikut cara download video Youtube di laptop. Ilustrasi. Cara download video YouTube di laptop bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tertentu. (iStockphoto/simpson33)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kadang kala, menonton video secara streaming melalui YouTube saja tak cukup. Anda bisa mengunduh video yang ditonton, untuk kemudian disaksikan secara offline.

Namun, bagaimana cara download video YouTube di laptop?

YouTube merupakan layanan video streaming yang paling populer di tengah masyarakat. Anda bisa menyaksikan berbagai video pilihan di YouTube.


Namun, menyaksikan video yang sama di YouTube berulang kali bisa menghabiskan data internet Anda. Untuk mengatasinya, unduh saja video yang Anda inginkan di YouTube dan simpan dokumennya di laptop.

Sebelum YouTube Premium hadir, pengguna masih bisa mengunduh langsung video yang diinginkan. Beberapa situs dan aplikasi pihak ketiga juga menyediakan layanan untuk mengunduh video. Namun, cara tersebut menyalahi aturan YouTube.

Disebutkan bahwa pengguna dilarang untuk mengakses, mereproduksi, mengunduh, mendistribusi, menyiarkan, transmisi, menjual, mengubah, atau menggunakan konten YouTube dengan cara lain.

Namun, pengguna masih bisa mengunduhnya dengan cara mendapatkan restu YouTube atau pemegang hak cipta. Jika dilanggar, maka YouTube berhak menutup akun pengguna.

Cara Download Video YouTube di Laptop

Online movie stream with mobile device. Man watching film on tablet with imaginary video player service.Ilustrasi. Ada beberapa cara download video YouTube di laptop. (Istockphoto/ Tero Vesalainen)

1. YouTube Premium

Cara download video YouTube di laptop yang paling aman adalah dengan menggunakan YouTube Premium.

Anda bisa berlangganan YouTube Premium untuk mendapatkan akses. Akses untuk mengunduh dan menonton video secara offline menjadi salah satu kelebihan YouTube Premium.

Berikut cara download video YouTube via YouTube Premium:

- Log in ke akun YouTube
- Pilih video yang diinginkan
- Klik ikon download yang ada di bawah bagian video
- Pilih kualitas video yang diinginkan, lalu unduh

2. Aplikasi VLC Media Player

Anda juga bisa mengunduh video YouTube melalui bantuan pihak ketiga, seperti VLC Media Player ini. Namun, Anda terlebih dahulu perlu mendapatkan izin dari YouTube atau pemilik video asli untuk mengunduhnya.

- Unduh VLC Media Player
- Copy URL video YouTube yang diinginkan
- Di VLC, klik menu Media, Open Network Stream (Ctrl+N), lali klik Paste
- Klik Play
- Saat video berjalan, klik Tools>Codec Information
- Cari kotak di bawah dengan sebutan 'Source', lalu copy URL di kota tersebut
- Buka browser dan paste URL tadi
- Saat video dimainkan di browser, pengguna akan melihat pilihan untuk mengunduh video tersebut.

3. Aplikasi 4K Video Downloader

ilustrasi orang nonton video masakIlustrasi. Beberapa cara download video YouTube di laptop adalah dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. (iStockphoto/[email protected])

Sama seperti VLC, 4K Video Downloader juga merupakan pihak ketiga yang bisa membantu mengunduh video dari YouTube. Hanya saja, dapatkan izin dari YouTube atau pemilik video asli terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

- Unduh 4K Video Downloader
- Copy URL video YouTube yang diinginkan
- Klik paste pada 4K Video Downloader
- Klik Download
- Pilih opsi resolusi video.

Demikian beberapa pilihan cara download video YouTube di laptop. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mendapatkan izin akses sebelum mengunduh video yang diinginkan.

(Tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER