TIPS OTOMOTIF

Cara Merawat Power Window

CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 17:49 WIB
Biaya perawatan power window tentu jauh lebih murah bila dibandingkan mengganti karena sudah rusak. Cara merawat power window supaya tidak cepat rusak. (Foto: Istockphoto/AND-ONE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Power window memudahkan penumpang dan pengendara dalam membuka kaca mobil. Teknologi ini menggabungkan teknologi mekanik dan elektronik yang akan menciptakan energi untuk menggerakkan kaca jendela mobil hanya dengan menekan sebuah tombol atau switch.

Terlepas dari fungsinya memudahkan membuka kaca, namun penggunaan power window perlu perawatan. Biaya perawatan power window tentu jauh lebih "murah" bila dibandingkan mengganti komponennya karena sudah rusak.

Berikut cara perawatan power window:


Gunakan seperlunya

Membuka dan menutup kaca jendela mobil, sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Apabila terlalu sering dibuka dan ditutup, atau dibuat mainan, maka kemungkinan power window juga akan cepat menjadi rusak.

Lihat Juga :

Bersihkan kaca jendela

Membersihkan kaca jendela mobil akan membantu menghilangkan kotoran atau debu yang bisa masuk ke dalam rangkaian power window. Kotoran yang masuk ke dalam rangkaian, bisa mengganggu kerja sistem ini.

Pemeriksaan berkala ke bengkel

Melakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel resmi Suzuki, juga perlu dilakukan agar power window tetap normal. Petugas mekanik akan segera mengetahui apabila ada kerusakan yang terjadi, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang berat.

Periksa karet kaca mobil

Karet pada kaca jendela juga perlu diperiksa secara berkala. Karet yang sudah lama, biasanya akan keras dan bisa pecah akhirnya bisa masuk ke dalam sistem power window. Hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem.

Hindari tidak menggunakan power window

Membiarkan power window tidak difungsikan dalam waktu lama, bisa berakibat kerusakan pada sistem tersebut. Kemungkinan berkarat pada komponen-komponennya. Oleh karena itu, sebaiknya alat ini tetap digunakan.

Setelah mengetahui apa itu power window hingga cara perawatannya, jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut dengan baik. Jika ada kerusakan, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER