Cara Posting Foto Instagram Lewat PC, Sudah Bisa di RI

eks | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 07:16 WIB
Cara pakai fitur baru Instagram untuk posting foto lewat browser di PC desktop, laptop, dan Mac yang sudah bisa digunakan di Indonesia. Cara pakai fitur baru Instagram untuk posting foto lewat browser di PC desktop, laptop, dan Mac yang sudah bisa digunakan di Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cara untuk mengunggah atau posting foto langsung dari peramban (browser) di desktop baik di PC, laptop, dan Mac yang telah resmi diluncurkan Instagram dan bisa dipakai di Indonesia hari ini.

Fitur ini menjadi salah satu yang paling diincar pengguna. Pasalnya, selama ini pengguna mesti memindahkan konten yang akan mereka unggah ke Instagram lewat aplikasi. Situs Instagram yang bisa diakses di website hanya bisa digunakan untuk memantau linimasa dan mengirim pesan pribadi, tapi tak bisa digunakan untuk mengeposkan konten.

Imbasnya, mereka yang ingin mengeposkan konten dari PC atau laptop langsung ke Instagram, mesti menggunakan serangkaian layanan pihak ketiga. Misal dengan memanfaatkan perangkat lunak emulasi Android seperti Bluestack di Android. Cara lain adalah dengan menggunakan Chrome OS versi Android.


Namun, dengan adanya fitur resmi dari Instagram bisa memudahkan pengguna untuk mengeposkan konten lewat peramban di PC dan laptop.

Cara unggah foto lewat peramban (browser) di PC desktop, laptop, dan Mac

  1. Klik ikon "+" baru di bagian kanan atas dekat ikon Messenger
  2. Ikuti petunjuk yang muncul di layar PC. Foto bisa dimasukkan dengan geser dan taruh di kotak yang muncul, atau tekan tombol "pilih dari komputer".
  3. Pilih ukuran atau format foto yang diinginkan
  4. Pilih filter atau mengedit foto terlebih dulu sebelum diposkan
  5. Tambahkan keterangan foto, lokasi, dan keterangan lain
  6. Pilih "Bagikan"
Posting foto Instagram lewat browser PCCara posting foto Instagram lewat browser PC. (dok. Screenshot Instagram)


Selain itu, Instagram juga sempat mengumumkan sejumlah fitur lain yang diluncurkan untuk memudahkan para pembuat konten untuk makin kreatif. Fitur-fitur baru yang mirip dengan fitur Tiktok ini juga dimaksudkan agar platform media sosial ini bisa tetap bersaing dengan aplikasi pendatang baru asal China itu.

Fitur baru yang sebelumnya diluncurkan Instagram adalah fitur kolaborasi dimana sebuah konten Reels bisa dibuat dan diunggah ileh dua pengguna sekaligus. Kolaborasi bisa dilakukan dengan saling menge-tag satu sama lain.

Begitu pengguna lain menerima tag tersebut, kedua nama pengguna akan muncul sebagai pemilik konten yang sama. Kedua pembuat konten juga berbagi jumlah view, like, dan utas komentar. Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap pengujian sejak Juli lalu.

Selain itu ada pula fitur pemberian sumbangan, sehingga pengikut bisa memberikan imbalan uang kepada pengguna konten lewat Instagram, seperti dikutip 9to5 Mac.

Reels juga akan kebagian sejumlah fitur musik berikut efeknya seperti Superbeat. Fitur ini bia memberikan efek di video berdasarkan nada musik. Ada juga fitur lirik 3D yang bisa menampilkan lirik lagu senada dengan melodi lagu, seperti dilansir Gizmodo

Fitur Collabs akan meluncur pekan ini, fitur pemberian donasi meluncur 20 Oktober, dan fitur efek musik dan mengeposkan konten dari desktop PC dan laptop akan mulai bisa digunakna 21 Oktober.

(eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER