Fakta Temuan Langka Pedang Kesatria Perang Salib di Israel

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 07:53 WIB
Berikut sejumlah fakta terkait pedang milik kesatria perang salib yang ditemukan di Israel. Berikut sejumlah fakta terkait pedang milik ksatria perang salib yang ditemukan di Israel. (REUTERS/RONEN ZVULUN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang penyelam di lepas pantai Haifa, Israel menemukan sebuah pedang kesatria yang disebut berasal dari masa perang salib.

Penyelam bernama Shlomi Katzin menemukan pedang tersebut di dasar Laut Mediterania wilayah lepas pantai Israel.

Peneliti menyebut pedang tersebut terhempas ke pantai oleh badai yang berlangsung beberapa hari ke belakang di Israel.


Kini pedang diyakini milik seorang kesatria Tentara Salib tersebut berencana dibersihkan, dan dipulihkan wujudnya, untuk dipelajari lebih lanjut oleh Israel Antiquities Authority atau IAA.

"Itu jelas milik seorang kesatria Tentara Salib." ujar Nir Distelfeld, Inspketur IAA di Unit Pencegahan Pencurian.

Berusia 900 tahun

Pedang yang ditemukan dalam keadaan utuh tersebuh diduga telah berumur 900 tahun, kemungkinan berasal dari tahun 1096 hingga akhir abad 13.

"Pedang ini ditemukan dalam kondisi terlapisi organisme laut, namun nampaknya benda ini terbuat dari besi. Sungguh menyenangkan dapat menemukan sebuah obek personal, membawa kita kembala ke era yang berbeda di 900 tahun yang lalu, dengan kesatria, baju zirah, dan pedang," kata Distelfeld, seperti dilansir dari The Independent

Ditemukan tak jauh dari benteng Perang Salib

Ahli semakin yakin pedang tersebut berasal dari masa perang salib karena lokasi penemuannya yang hanya berjarak beberapa kilometer dari benteng Perang Salib.



Temuan langka, kondisi baik

Nir Distelfeld, Inspektur Unit IAA Israel, mengatakan pedang itu adalah penemuan langka yang telah diawetkan alam dengan kondisi sempurna.

"Itu ditemukan bertatahkan organisme laut, tetapi tampaknya terbuat dari besi," kata Distelfeld dalam pernyataannya.

Koby Sharvit, direktur Unit Arkeologi Kelautan Otoritas Barang Antik Israel menyebut pedang itu terawetkan dengan baik karena terkubur di lapisan pasir yang dalam, tanpa oksigen.



Fakta Lokasi Temuan Pedang Ksatria Perang Salib

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER