Netizen Komentari Tes CPNS Kostum Squid Game: Latah, Norak

mrh | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 15:45 WIB
Aksi para petugas tes CPNS Kemenkumham memakai kostum Squid Game disebut norak oleh sejumlah netizen. Aksi para petugas tes CPNS Kemenkumham memakai kostum Squid Game disebut norak oleh sejumlah netizen. (Foto: Arsip Kemenkumham Jatim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi petugas pengawas gelaran Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham Jawa Timur yang menggunakan kostum penjaga ala serial Squid Game menuai komentar miring netizen Twitter.

Sejumlah netizen di Twitter menilai aksi tersebut berlebihan dan norak atau memalukan.

"Orang tua kalau berusaha keras nyambung sama yang lebih muda, jatuhnya kalau gak norak, ya, katrok." ujar akun @Stakof mengomentari berita terkait.


Netizen lainnya menyebut bahwa penyelenggara hanya latah pada tren yang sedang berjalan. Squid Game memang kini menjadi serial yang tengah menjadi tren.

"Niat biar kekinian yang lagi viral tapi jatuhnya malah norak dan buang-buang anggaran. Dan latah juga, apa-apa yang rame langsung ikutan, keren kaga malah cringe." tulis akun @temporaryppl_.

Mengomentari unggahan yang sama, seorang netizen justru menyebut aksi para penjaga Squid Game tersebut lebih cocok untuk bertugas menjaga rapat DPR RI.

Petugas berkostum Squid Game terlihat pakai pakaian lengkap dengan memegang senapan panjang, beredar di antara peserta tes CPNS.

"Sudah gue bilang, mending itu orang buat jagain rapat DPR kan," tulis @amzxrud.

Selain itu, netizen dengan nama akun @antozz menulis bahwa Kemenkumham latah karena mengikuti tren Squid game yang sedang viral namun aksinya itu dinilai malah membuat peserta tes terganggu.

"Duh nggak segitunya juga kalau mau latah. Itu orang tes bisa saja jadi tertekan. Malah bikin nggak fokus. Lagipula itu uangnya sayang buat beli kostum begituan. Habis berapa itu buat kostumnya aja ya," tulisnya.

Petugas Kanwil Kemenkumham Jatim yang mengawasi ujian TKD CPNS berdandan ala pink solder di serial Squid Game. Mereka mengenakan kostum berwarna pink dan topeng bersimbol persegi, bulat serta segitiga.

Suasana ala serial Squid Game, sudah terasa sejak para peserta Sesi II hari ke-12 berada di halaman Gedung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Adegan diawali dengan sirine berbunyi. Dari dalam gedung kemudian muncul lima pink soldier.

Suara mencekam juga turut mengiringi saat pink soldier menghampiri para peserta. Kelima pink soldier yang bertugas dilengkapi juga dengan senjata laras panjang. Bukannya takut, para peserta ujian justru takjub dan memberikan aplaus meriah.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan bahwa pihaknya memang ingin menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS kali ini.

"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono, Rabu (20/10).

Ia mengatakan, Squid Game dipilih karena ada kemiripan antara serial asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS. Karena, lanjut Krismono, peserta harus melewati berbagai rintangan dalam permainan. Orang yang bertahan sampai akhir berhak mendapat hadiah.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," ucapnya.

"Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," lanjutnya.

Sebagian netizen tak menganggap keputusan tersebut cara yang baik, justru merupakan cara yang norak.

(mrh/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER