Kemampuan Mobil Deteksi Motor Jadi Syarat Uji Euro NCAP 2023

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 18:43 WIB
Penambahan 1 program penilaian setiap mobil baru di Eropa ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan antara roda dua dan mobil. Euro NCAP uji fitur deteksi sepeda motor mulai 2023. (Foto: www.femamotorcycling.eu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Euro NCAP (European New Car Assessment Programme/program untuk pengujian keselamatan mobil) akan menambah satu pengujian pada mobil penumpang terkait keamanan berkendara pada 2023. Satu syarat pengujian itu adalah kemampuan mobil dalam mendeteksi dan bereaksi terhadap pergerakan sepeda motor.

Penambahan satu program penilaian setiap mobil baru di Eropa ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan antara roda dua dan mobil. Persyaratan ini diutamakan pada mobil penumpang yang sudah dilengkapi Sistem Bantuan Pengemudi Lanjutan (ADAS), mengutip Visordown, Kamis (21/10).

Pada 2016, penelitian oleh RDW (Otoritas Kendaraan Belanda) memamerkan mobil dengan sistem mengemudi inovatif, seperti cruise control adaptive mampu memperhatikan sepeda motor, tetapi faktanya ketika sepeda motor melaju di sekitar mobil, fitur ini tidak bisa mendeteksinya dengan baik. Umumnya sebagai mata ketiga, fitur mampu melakukan pengereman otomatis bila mendeteksi potensi bahaya.


Dalam banyak tes, pengemudi harus mengambil alih untuk mencegah tabrakan, menurut The Federation of European Motorcyclist Associations (FEMA).

Skenario Euro NCAP, pengujian akan meliputi saat mobil mendekati sepeda motor yang tidak bergerak, mendekati sepeda motor yang melaju dengan kecepatan tinggi, menyalip dan berpindah jalur, dan berbelok pada persimpangan dan jalan lurus.

Dalam laporan, menyebutkan sesuatu yang diperhatikan nanti juga kemampuan dalam deteksi real-time pada layar pusat.

Tes tersebut juga akan membuktikan jika teknologi keselamatan seperti itu akan dibutuhkan di sama depan, sementara produsen mobil harus berlomba-lomba mengejar nilai tertinggi ketika fitur keselamatan diuji.

Sementara itu boneka uji sepeda motor khusus telah dikembangkan dan disetujui untuk digunakan dalam pengujian Euro NCAP terbaru mulai 2023.

Bagi FEMA, ini merupakan langkah yang baik, karena protokol pengujian baru menunjukkan Euro NCAP memperhatikan keselamatan pengendara sepeda motor.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER