Fortuner 4x4 Turun Rp46 Juta, Toyota Studi Varian Lebih Murah

CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 13:13 WIB
Harga Toyota Fortuner 4x4 saat ini sudah berkurang Rp46,1 juta, Toyota Astra Motor studi varian baru 4x4 yang lebih murah lagi. Toyota Fortuner. (Toyota Astra Motor)
Tangerang, CNN Indonesia --

Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan masyarakat butuh edukasi lebih dalam tentang harga mobil 4x4 yang saat ini lebih murah karena PPnBM berbasis emisi. Dikatakan butuh waktu mengubah pemahaman selama puluhan tahun tentang mobil 4x4 yang harganya sangat mahal karena tarif PPnBM.

Pada aturan lama, mobil penumpang 4x4 adalah kelompok kendaraan yang dikenakan tarif PPnBM paling tinggi, bisa sebesar 30 persen sampai 125 persen, berapapun kapasitas mesinnya.

Namun menurut aturan pajak emisi mulai 16 Oktober, tak ada lagi istilah pengenaan PPnBM berdasarkan jenis mobil 4x4 atau 4x2. Mobil 4x4 bisa dikenakan tarif PPnBM termurah asal emisi gas buangnya memenuhi syarat.


Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy menjelaskan konsumen Indonesia bisa jadi dalam beberapa waktu ke depan tidak terbiasa atas aturan baru itu, namun dia mengingatkan segmen mobil 4x4 pasti akan meningkat.

"4x4 itu ada dua pasar besar, satu adalah komersial tetapi kan pajaknya sudah rendah ya, jadi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh [aturan pajak emisi]. Mungkin nanti kita lihat yang istilahnya buat retail akan tinggi," ucap dia saat ditemui di Tangerang, Kamis (21/10).

Harga mobil 4x4 Toyota saat ini sudah semakin murah setelah pajak emisi diterapkan mulai 16 Oktober. Misalnya Fortuner 2.4 VRZ 4X4 A/T dan 2.4 VRZ 4X4 A/T harganya diturunkan menjadi Rp630,5 juta dan Rp634,2 juta, masing-masing turun Rp46,1 juta dari harga sebelumnya.

Selain Fortuner, Toyota juga menjual tiga mobil 4x4 lain, yaitu Land Cruiser, Hilux, dan GR Yaris. Model terbaru, GR Yaris, yang dijual Rp850 juta mulai bulan depan, bahkan sebenarnya beruntung karena pajak emisi, jika TAM menjual sebelum berlaku mungkin banderolnya bisa miliaran rupiah.

Anton mengatakan salah satu peluang penjualan mobil 4x4 bisa meningkat yakni karena saat ini harganya tidak terpaut jauh dari 4x2.

"Harga antara 4x4 dan 4x2 lebih sedikit [selisihnya], ya prediksi pasti permintaan 4x4 harusnya ada kenaikan cuma seberapa belum tahu," ucap dia.

Studi varian 4x4 lebih murah

Diversifikasi varian 4x2 Fortuner saat ini lebih banyak dibanding 4x4 yang jumlahnya hanya satu per model. Anton mengatakan pihaknya sedang melakukan studi untuk menambah varian 4x4 atas prediksi peningkatan penjualan model seperti ini pada masa mendatang.

Selama ini 4x4 dikenal masyarakat sebagai varian yang tertinggi, namun kata Anton ada peluang jika dibuat varian yang harganya lebih murah.

"Saat ini kan [4x4] top off the line, tapi kalau bicara lower grade sedang kami studi, tergantung," kata dia.

Pasar 4x4 adalah salah satu pintu yang dibuka pajak emisi. Selain itu aturan ini juga menghapus diskriminasi pada sedan yang selama ini dianggap barang lebih mahal daripada jenis mobil lainnya.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER