Bukti-bukti Viking Sampai Amerika Sebelum Columbus

lnn | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 15:30 WIB
Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa suku Viking tiba di Amerika lebih dulu daripada Columbus, dan mematahkan sejarah yang selama ini diakui. Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa suku Viking tiba di Amerika lebih dulu daripada Columbus, dan mematahkan sejarah yang selama ini diakui. (Foto: AP Photo/Michelle R. Smith)
Jakarta, CNN Indonesia --

Temuan terbaru mengarah pada simpulan suku Viking merupakan yang pertama sampai di Amerika Serikat (AS). Peneliti menyebut Viking sampai di tanah Amerika 500 tahun lebih dulu dibanding dengan Christopher Columbus.

Jejak aktivitas Viking di tanah Amerika terkuak dari sisa-sisa bangunan kayu di permukiman prasejarah dikenal dengan nama L'Anse aux Meadows.

Permukiman tersebut berada di ujung utara Peninsula, Newfoundland, Kanada. Arkeolog telah melakukan penelitian pada situs bersejarah tersebut sejak tahun 1960-an.


Penelitian terbaru yang diterbitkan Nature menunjukkan beberapa data yang dibutuhkan dalam memberi kejelasan pada isu ini.

Sebuah tim arkeolog yang dipimpin oleh Michael Dee dari Universitas Groningen, Belanda menyediakan bukti baru yang menunjukkan bahwa suku Viking aktif di L'Anse aux Meadows pada 1021, tepat seribu tahun yang lalu.

Dilansir dari Gizmodo, dalam sebuah surel, Dee menyimpulkan bahwa timnya adalah "yang pertama dan satu-satunya orang Eropa yang berad di Amerika sebelum Columbus" yang melintasi Atlantik pada 1492.

Kemampuan suku Viking dalam melaut yang sudah menjadi rahasia umum membawa mereka ke sejumlah wilayah. Pada abad ke-9, Viking disebut mencapai Islandia, kemudian sampai di Amerika Utara pada abad ke-11.

Meski begitu, tidak diketahui waktu pasti kapan Viking mencapai wilayah tersebut.

"Dalam upaya penanggalan situs arkeologis, kita perlu catatan tertulis kontemporer atau sejumlah artefak dalam jumlah besar yang bisa diletakkan dalam satu periode waktu yang pasti," kata Dee menjelaskan proses penanggalan yang memakan waktu lama.

"L'Anse aux Meadows tidak memenuhi kedua hal tersebut. Metode penanggalan sains terbaik kemungkinan adalah proses penanggalan radiokarbon, namun proses ini hanya dapat menyediakan data waktu dengan abad terdekat," tambahnya.

Untuk melakukan penanggalan pada situs tersebut, Dee dan koleganya menganalisis tiga buah kayu yang dikumpulkan dari situs tersebut, dan ketiganya berasal dari pohon yang berbeda.

Kayu-kayu tersebut diklaim sebagai sisa-sisa dari penebangan kayu hasil aktivitas suku Viking di L'Anse aux Meadows.

Simak penjelasan dari bukti Viking lebih dulu tiba di Amerika di halaman berikutnya..

Viking Duduki Amerika Tahun 1021

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER