KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Rem Belakang Tromol Bunyi

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 11:34 WIB
Bunyi decitan rem tromol saat pedal rem diinjak saat dalam kondisi basah atau kering dikarenakan beberapa kondisi. Rem tromol sepeda motor. (Foto: iStockphoto/Supersmario)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Kenapa rem motor bagian belakang selalu bunyi berdecit, baik dalam kondisi basah maupun kering?

Penanya: @biebecks

Jawaban: Sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia banyak yang menggunakan rem belakang tromol. Kendalanya rem motor model itu sering berdecit dan suaranya sangat mengganggu.


Biasanya bunyi decitan rem tromol saat pedal rem diinjak saat dalam kondisi basah atau kering. Untuk diketahui, masalah itu bisa disebabkan bagian dalamnya kotor. Bisa juga kualitas remnya tidak bagus.

Selain itu bisa juga tromol sudah aus atau permukaannya tidak rata disebabkan berbagai kondisi. Paling tidak sistem pengeraman tromol dibersihkan satu bulan sekali.

Ergus - Tangerang, Banten (IG R59 Racing)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER