Aturan Resmi Pelat Nomor RFS Seperti di Mobil Rachel Vennya

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 13:50 WIB
Pelat nomor cantik 'RFS' mobil Rachel bisa membingungkan lantaran disebut polisi bukan jenis pelat nomor khusus. Selebgram Rachel Vennya tiba di Polda Metro Jaya untuk diperiksa terkait kaburnya dirinya dari proses karantina, Kamis (21/10). (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelat nomor berkode 'RF' kembali ramai diperbincangkan usai selebgram yang bikin heboh karena dugaan pelanggaran karantina Covid-19, Rachel Vennya, diketahui ternyata menggunakannya. Toyota Vellfire yang digunakan Rachel diketahui menggunakan pelat nomor 'RFS' yang kemudian menyulut polisi melakukan penyelidikan.

Saat Rachel meninggalkan Polda Metro Jaya usai diperiksa, Rachel terlihat menumpangi Vellfire B 139 RFS. Kombinasi huruf 'RFS' di belakang pelat nomor merujuk pada pelat nomor khusus atau rahasia yang biasa dipakai kendaraan tertentu sesuai izin kepolisian.

RFS diketahui adalah pelat nomor untuk kendaraan yang dipakai pejabat sipil. Selain RFS ada lagi kode lain yang berawalan RF, misalnya RFQ, RFO, atau RFH yang merujuk kendaraan pejabat tingkatan di bawah eselon II.


Kode lain pada kombinasi RF yaitu RFU berkaitan dengan kendaraan TNI Angkatan Udara, RFL untuk TNI Angkatan Lau, dan kepolisian memakai RFP.

Seperti diketahui sebetulnya kode RF pada kombinasi pelat nomor tidak bisa sembarang digunakan lantaran kategorinya sebagai pelat nomor khusus atu rahasia. Terdapat aturan yang melandasi itu, yakni Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB (pelat nomor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Tertuang pada Pasal 3 ayat e ditetapkan bahwa penerbitan pelat nomor khusus dan rahasia hanya diberikan kepada pejabat tertentu sesuai kekhususan tugas dan jabatannya.

Kemudian pada Pasal 6 dijelaskan pelat nomor rahasia digunakan oleh petugas intelijen TNI, intelijen Polri, intelijen Kejaksaan, Badan Intelijen Negara, dan penyidik/penyelidik.

Sedangkan pelat nomor khusus diberikan kepada TNI, Polri, dan instansi pemerintahan buat pejabat eselon I, eselon II, dan eselon III.

Selain itu pelat nomor khusus dan rahasia juga bisa diberikan kepada pihak di luar TNI dan instansi pemerintahan, yaitu kepada pejabat atau petugas di lingkungan Polri berdasarkan rekomendasi Propam sesuai Pasal 7 ayat 1.

STNK serta pelat nomor khusus dan rahasia berlaku satu tahun dan dapat diperbarui.

Kepolisian sudah menyatakan pelat nomor B 139 RFS asli milik Rachel, namun dikatakan tidak sesuai peruntukannya. Pelat nomor jenis ini bisa tergolong pelat nomor cantik yang dapat dipesan seseorang ke kepolisian.

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan mengapa kepolisian mengizinkan pelat cantik RFS dimiliki seorang sipil karena bisa membuat bingung masyarakat di jalanan.

Pelat nomor khusus kode RSF yang sesuai aturan disebut memiliki kombinasi empat digit angka, sementara pelat nomor mobil Rachel hanya tiga huruf. Kepolisian juga menemukan kejanggalan lantaran menurut data pelat nomor Rachel untuk Vellfire warna putih, sedangkan yang terlihat di lapangan berwarna hitam.

Kepolisian sudah menjadwalkan pemanggilan Rachel karena masalah pelat nomor ini pada Senin (25/10).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER