Cara Gunakan Whatsapp di 2 Ponsel

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 06:25 WIB
Saat ini Whatsapp bisa digunakan di dua ponsel berbeda menggunakan fitur multi-device, namun saat ini statusnya masih Beta. Ilustrasi Whatsapp. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan Whatsapp mengeluarkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menggunakan akunnya di beberapa perangkat. Meskipun masih dalam versi Beta, fitur ini menjadi angin segar bagi pengguna yang kerap menggunakan akunnya di berbagai perangkat.

Sebelumnya pengguna yang menggunakan akun Whatsapp di berbagai perangkat harus menjaga ponselnya tetap aktif agar Whatsapp yang ada di perangkat lain (Whatsapp Desktop maupun Whatsapp Web) bisa tetap terhubung.

Kondisi tersebut cukup mengganggu sejumlah pengguna, terlebih jika ponsel kehabisan daya dan membuat pengguna tidak bisa mengakses Whatsapp dari perangkat lain.


Aplikasi yang merupakan bagian dari raksasa teknologi Facebook ini telah mengeluarkan fitur baru bernama Whatsapp Multi-device yang memungkinkan pengguna menggunakan akun Whatsapp-nya dalam empat perangkat sekaligus tanpa bergantung pada ponsel.

Namun fitur Multi-device ini masih berada dalam status Beta sehingga masih banyak kekurangan. Selain itu ada beberapa ketentuan yang harus pengguna ketahui ketika menggunakan fitur ini.

Ketentuan pertama adalah pengguna bisa menggunakan akunnya dalam empat perangkat sekaligus, namun akun tersebut tidak bisa terhubung di dua ponsel sekaligus.

Meski begitu pengguna bisa menggunakan Whatsapp Web jika ingin menggunakan akunnya di ponsel lain. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur Multi-device di ponsel lain:

1. Buka web.whatsapp.com di browser ponsel kedua milik pengguna.

2. Pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas lalu pilih 'Desktop site'

3. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel pertama

4. Pilih ikon titik tiga lalu pilih 'Linked devices'

5. Pilih 'Link a Device' untuk mendaftarkan perangkat

6. Gunakan Fingerprint, Face Recognition, atau PIN untuk verifikasi

7. Arahkan kamera ponsel pertama ke layar ponsel kedua untuk memindai QR Code

8. Anda sudah bisa menggunakan akun Whatsapp Anda di ponsel kedua

Selain tidak bisa menggunakan akunnya di dua aplikasi Whatsapp ponsel, pengguna akan kehilangan akses pada akunnya di perangkat lain jika tidak menggunakan Whatsapp di ponselnya lebih dari 14 hari.

Dilansir dari laman resmi Whatsapp, karena masih dalam versi Beta, ada beberapa kekurangan dan fitur yang tidak didukung dalam fitur Multi-device ini. Berikut daftar fitur yang tidak didukung jika menggunakan fitur Multi-device Beta:

- Menghapus atau membersihkan chat pada perangkat lain jika perangkat utama (ponsel) adalah iPhone

- Mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon kepada pengguna lain yang menggunakan aplikasi Whatsapp dengan versi terlalu lawas

- Menggunakan akunnya di tablet

- Melihat 'Live Location' di perangkat selain perangkat utama

- Membuat dan melihar daftar broadcast di selain perangkat utama

- Melakukan panggilan antara portal yang menggunakan Multi-device Beta dan portal yang belum menggunakan

- Mengirim pesan dengan pratinjau laman dari Whatsapp Web

Selain itu CNNindonesia.com menemukan beberapa hal selama menggunakan Multi-device Beta, seperti menghapus chat di salah satu perangkat tidak akan membuat chat di perangkat lain menghilang.

Namun jika pengguna hanya menghapus sejumlah pesan di ruang chat tersebut, pesan di perangkat lain akan tersinkronisasi dan ikut menghilang.

Kemudian pada Whatsapp Desktop, pengguna tidak bisa melakukan 'Pin' pada chat, sehingga bagi beberapa pengguna yang memanfaatkan fitur 'Pin' lebih baik menggunakan Whatsapp Web selama masa Beta berlangsung.

Fitur terbaru dari Whatsapp ini bisa digunakan oleh aplikasi Whatsapp versi terbaru di perangkat Android dan iPhone, dan bisa digunakan oleh akun personal maupun akun Whatsapp Business.

(lnn/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER