Situs BSSN Diretas, Disebut Balas Dendam dari Brazil

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 17:14 WIB
Situs BSSN diretas dan disebut sebagai bentuk pembalasan atas peretasan yang dilakukan Indonesia terhadap situs orang Brazil. Situs BSSN diretas dan disebut sebagai bentuk pembalasan atas peretasan yang dilakukan Indonesia terhadap situs orang Brazil. (dok. Cissrec)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situs resmi milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi korban peretasan dengan metode deface.

Peretasan yang menimpa BSSN pada Rabu (20/10) disebut menggunakan metode Deface yang mengubah tampilan muka dari laman website www.pusmanas.bssn.go.id.

Tampilan situs milik lembaga negara ini diganti dengan gambar bertuliskan Hacked by theMx0nday. Lalu dibagian bawah tulisan itu muncul logo BSSN disertai tulisan, "NSA da indonesia pwnetada fds KKKKKKKKKKKK," seperti tertulis dalam situs tersebut.


Berdasarkan cuitan tersebut, peretas yang menggunakan nama alias 'theMx0nday' sebagai identitasnya ini menyebut langkah peretasan yang dia lakukan adalah bentuk pembalasan atas apa yang dilakukan oleh peretas Indonesia yang meretas situs milik orang Brasil.

"Sonix sempat disini. Deface ini dilakukan untuk merespons peretasan dari Indonesia terhadap situs Brazil. Lihat betapa mudah mengacaukan negara kacau Anda," tulis si peretas lagi.

Selain itu, peretasan ini juga diumumkan lewat akun @son1x777 di Twitter. Pada cuitannya yang diunggah Rabu (20/10), akun tersebut menuliskan "NSA da indonesia pwnetada fds KKKKKKKKKKKK," serupa dengan tulisan yang tertera di situs BSSN.

Menurut pantauan CNNindonesia.com, hingga pukul 16.55 WIB, situs BSSN tidak bisa diakses dan sudah tidak menunjukkan tampilan layar yang telah mendapat Deface dari peretas.

Belum lama ini KPAI menjadi korban peretasan yang menyebabkan sejumlah data pengguna bocor.

(lnn/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER