Spesifikasi Genesis G80 Listrik untuk Tamu VIP KTT G20 Bali

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 16:30 WIB
Genesis Electrified G80 ditunjuk pemerintah sebagai mobil listrik resmi tamu VIP di Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada 2022. Foto: genesis.com
Jakarta, CNN Indonesia --

Genesis Electrified G80 telah ditentukan pemerintah sebagai mobil listrik resmi tamu VIP di Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada 2022.

"Pemerintah akan menggunakan kendaraan berbasis baterai yang sudah berinvestasi di Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk G20," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di pameran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia dikutip dari Antara.

Luhut menjelaskan pemilihan Electrified G80 sebagai mobil listrik resmi KTT G20 Bali karena Hyundai berinvestasi untuk industri kendaraan listrik di Indonesia.


Untuk diketahui, Genesis adalah merek premium Hyundai yang berdiri pada 2015. Sebelumnya Genesis merupakan nama model sedan paling mewah Hyundai yang kemudian diputuskan menjadi merek terpisah.

Electrified G80 ditampuk sebagai mobil listrik pertama dari Genesis yang mengambil basis dari sedan premium Genesis G80 bermesin bensin.

Genesis G80 listrik memiliki dimensi panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, tinggi 1,47 meter, dan wheelbase 3 meter. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh bertenaga 272 kW (200 hp) dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e-AWD.

Di atas kertas, Genesis Electrified G80 yang mampu melesat dari 0-100 km per jam dalam hitungan waktu 4,9 detik. Klaim pabrikan, mobil listrik itu akan mampu melaju sekitar 265 mil atau sekitar 426 kilometer dengan satu kali pengisian daya.

Pengendara Genesis Electrified G80 akan disuguhkan tiga polihan mode berkendara, yaitu comfort, sport, dan eco.

Interior Genesis Electrified G80 cuma bisa menampung 4 orang, ini karena kursi baris kedua Genesis G80 listrik didesain captain seat. Penumpang belakang bisa mengatur suhu ac, audio. Ada juga port untuk mengisi baterai ponsel tersedia di konsol belakang.

Genesis belum merilis harga G80 listrik, namun caranddriver, memprediksi harganya serupa dengan G80 bensin dijual US$60.000 atau setara dengan Rp849,2 juta.

Jay Chang, Global Head of the Genesis Brand mengatakan pihaknya merasa terhormat dengan terpilihnya Electrified G80 sebagai mobil resmi VIP untuk KTT G20 Bali 2022.

"Penunjukkan Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022. Genesis telah sepenuhnya siap untuk menyediakan dukungan yang diperlukan untuk kelancaran konferensi tingkat dunia tersebut," ujar Jay Chang, Global Head of the Genesis Brand dalam keterangan resmi.

Hyundai saat ini adalah produsen otomotif yang paling akrab dengan pemerintah untuk urusan mobil listrik murni. Sejauh ini sudah berkomitmen investasi sebesar US$1,55 miliar (sekitar Rp21,8 triliun) hingga 2030 yang di antaranya digunakan buat mendirikan pabrik perakitan mobil di Bekasi.

Pabrik itu bakal memulai produksi mobil konvensional Creta pada akhir tahun ini, lantas pada Maret 2022 dikatakan akan melahirkan mobil listrik pertama.

Saat ini Hyundai sudah menjual dua mobil listrik, yakni Ioniq EV dan Kona EV, namun keduanya merupakan unit impor dari Korea Selatan. Ioniq EV saat ini sudah digunakan sebagai mobil dinas di kementerian dan juga pemerintahan daerah.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/mik)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER