Cara Memutus Sinkronisasi Backup WhatsApp ke Google Drive

lnn | CNN Indonesia
Selasa, 16 Nov 2021 04:06 WIB
Sinkronisasi Backup WhatsApp ke Google Drive dinilai sebagian pengguna menjadi faktor yang membuat akun Google cepat penuh. Sinkronisasi Backup WhatsApp ke Google Drive dinilai sebagian pengguna menjadi faktor yang membuat akun Google cepat penuh. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp memiliki fitur yang mensinkronisasi aplikasi dengan ruang penyimpanan cloud Google Drive. Namun pengguna juga bisa memutus sinkronisasi ini jika merasa backup tersebut memenuhi ruang di Google Drive.

Ruang Penyimpanan di Google Drive cukup terbatas jika tidak melakukan pembelian paket tambahan. Pengguna hanya diberikan ruang 15GB.

Dilansir dari Google, pengguna bisa melakukan peningkatan ruang penyimpanan Google Drive dengan membayar biaya langganan US$4,2 atau sekitar Rp60 ribu per bulan untuk meningkatkan kapasitas menjadi 30GB, Rp140 ribu untuk menjadi 2TB, dan Rp260 ribu untuk kapasitas 5TB.


Fitur backup yang ada pada WhatsApp melakukan backup otomatis pada chat secara berkala dan menyimpannya pada memori internal perangkat dan juga Google Drive.

Penyimpanan backup chat di Google Drive akan membantu pengguna untuk memulihkan chat jika pengguna berpindah ponsel, atau melakukan reset yang menghilangkan data pada WhatsApp pengguna.

Menghapus backup chat WhatsApp dari Google Drive tentu akan memberikan ruang lebih pada ruang penyimpanan, namun perlu digarisbawahi jika pengguna melakukan hal tersebut, tidak akan ada cara untuk memulihkan chat.

Pengguna bisa memutuskan sinkronisasi backup pada aplikasi agar chat tidak dibackup lagi ke Google Drive.

Dilansir dari Indiatoday, berikut cara untuk memutus sinkronisasi backup WhatsApp dengan Google Drive:

  1. Buka laman drive.google.com di desktop.
  2. Masuk menggunakan akun Google dan password yang digunakan untuk sinkronisasi backup WhatsApp.
  3. Pilih Settings di pojok kanan atas dekat ikon profil
  4. Pilih Manage Apps pada panel sebelah kiri
  5. Pilih WhatsApp Messenger
  6. Pilih Options dan pilih Disconnect from Drive pada opsi yang tersedia
  7. Konfirmasi pada tampilan layar yang muncul

Setelah memutus sinkronisasi, pengguna bisa menghapus data backup WhatsApp yang ada di Google Drive dengan cara berikut:

  1. Klik pada link backup pada panel sebelah kiri
  2. Pilih data backup
  3. Pilih tombol Delete backup pada bagian kanan atas
  4. Ketika muncul pesan konfirmasi, pilih Delete

Dilansir dari Imobie, jika pengguna menghapus data backup WhatsApp dari Google Drive, pengguna tidak dapat memulihkan data pada perangkat Android yang digunakan sekarang, ataupun ketika berpindah perangkat dari Android ke iPhone.

Kemudian ponsel baru yang digunakan oleh pengguna tidak akan menanyakan pengguna untuk memulihkan data backup ketika masuk ke Whatsapp.

Lebih lanjut, jika pengguna tidak ingin melakukan backup lagi ke Google Drive, pengguna dapat mematikan fitur tersebut dari ponsel dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Pilih Settings
  3. Pilih Chats
  4. Pilih Chat Backups
  5. Pilih Backup to Google Drive
  6. Pilih Never pada opsi yang muncul

Pengguna juga dapat menghapus data backup yang ada di penyimpanan internal ponsel dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi manajemen file yang tersedia di ponsel
  2. Buka folder Whatsapp yang akan memunculkan daftar subfolder
  3. Klik dan tahan pada file Databases
  4. Pilih Delete

Pada pertengahan Oktober lalu, WhatsApp mulai menggulirkan end-to-end enkripsi pada data backup chat WhatsApp. Fitur enkripsi ini digulirkan untuk pengguna WhatsApp baik di perangkat Android maupun iOS di seluruh dunia.

Fitur end-to-end enkripsi bisa didapatkan pengguna pada aplikasi WhatsApp versi teranyar. Pengguna bisa membuka Settings>Chats>Chat Backups>End-to-End Encrypted Backup, lalu ikuti panduan yang muncul.

(lnn/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER