Kawasaki dan Yamaha Mulai Penelitian Mesin Hidrogen

CNN Indonesia
Selasa, 16 Nov 2021 16:00 WIB
Kawasaki dan Yamaha, Mazda, Subaru dan Toyota dari pabrikan roda empat juga ikut bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Denso. Yamaha kembangkan mesin berbahan bakar hidrogen. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

KawasakiYamaha dan sejumlah perusahaan otomotif lain disebut telah memulai proyek baru penelitian untuk mengembangkan mesin pembakaran bertenaga hidrogen sebagai alternatif baru bahan bakar kendaraan.

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengembangkan bahan bakar bersih karbon-netral yang dapat digunakan dalam aplikasi konvensional roda empat dan roda dua.

Dilansir Visor Down, selain Kawasaki dan Yamaha, Mazda, Subaru dan Toyota dari pabrikan roda empat juga ikut bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Denso.


Yamaha sendiri disebut fokus pada komponen dan suku cadang internal, selain prototipe mesin, studi pembakaran, kinerja keluaran, dan studi peningkatan. Sementara Denso bertugas mengembangkan direct injection injector dan busi untuk penelitian tersebut.

Kawasaki telah mulai memperhatikan untuk menggunakan bahan bakar hidrogen sejak 2010. Saat ini, mereka disebut sedang mengembangkan bahan bakar hidrogen cair pertama di dunia yang rencananya akan selesai akhir tahun ini.

Sedangkan bahan bakar futuristik dibuat dari batubara coklat Australia. Perusahaan sudah memiliki mesin statis yang menggunakan gas hidrogen, dengan tujuan memperkenalkannya ke mobil, sepeda, kapal, dan pesawat di masa mendatang.

Bukan hanya dua pabrikan sepeda motor yang beraksi, Honda dan Suzuki juga bergabung dalam proyek ini lebih jauh. Lewat empat besar produsen otomotif sepeda motor bersatu dalam pencarian bahan bakar 'konvensional' netral karbon untuk sepeda motor dari semua ukuran.

(TTF/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER