Balapan Pelopor Kamera HP 200MP: Samsung, Xiaomi, Motorola

ttf | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 04:33 WIB
Sejumlah produsen smartphone atau HP disebut tengah membidik predikat pelopor yang menghadirkan kamera 200MP. Sejumlah produsen smartphone atau HP disebut tengah membidik predikat pelopor yang menghadirkan kamera 200MP. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Motorola disebut bakal menyalip Samsung untuk menggunakan sensor kamera ISOCELL HP1 200 megaipxel (MP) yang telah diumumkan September lalu. Xiaomi juga disebut bakal segera menyusul.

Meski telah membuat pernyataan resmi penggunaan kamera 200 MP pada September lalu, sampai saat ini belum diketahui ponsel seri mana yang telah menggunakan kamera 200 MP. Tetapi menurut keterangan rahasia populer dari akun Twitter, IceUniverse tidak lama lagi hal itu akan diketahui.


Dilansir GSM Arena, keterangan rahasia yang terpercaya menyebut ponsel pertama yang akan menggunakan kamera 200 MP kemungkinan datang dari Motorola, kemudian disusul Xiaomi.

Di sisi lain, Samsung justru disebut masih akan menunggu sampai 2023 sebelum merilis seri baru perangkat ponsel berkamera 200MP. Kemungkinan Galaxy S23 Ultra akan mendapatkan kehormatan untuk menggunakannya.

Bagaimana sensor 200MP akan memberikan tekanan yang signifikan pada ISP, banyak bertanya-tanya apakah produsen terlalu terburu-buru untuk mewujudkannya, khususnya dalam hal pemrosesan yang cukup untuk dapat digunakan sepenuhnya.

Sementara itu, sampai saat ini Samsung masih terus mendorong batas sensor gambar seluler dengan sensor kamera 200 MP ISOCELL HP1.

Sensor tersebut belum sampai ke perangkat keras ritel, tetapi Samsung sempat mengunggah penjelasan singkat dan video tentang apa yang dapat kita harapkan dalam di masa yang akan datang.

HP1 dapat berfungsi seperti beberapa sensor berbeda berkat algoritme remosaicing berbasis pembelajaran mendalam.

HP1 dapat melakukan binning piksel 2x2, yang menghasilkan resolusi 50 MP dengan ukuran piksel efektif 1,28 m di mana mode ini dapat merekam video 8K (pada 30 fps) dengan bidang pandang yang seminimal mungkin.

Mode lain diaktifkan oleh resolusi gila sensor binning 4x4, yaitu 16 piksel sensor digunakan untuk membuat satu piksel gambar. Cara ini menghasilkan resolusi 12,5 MP dengan piksel 2,56 m lebih besar dari kebanyakan sensor di pasaran.

Simak halaman berikutnya..

Balapan Pelopor Kamera HP 200MP: Samsung, Xiaomi, Motorola

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER