KONSULTASI OTOMOTIF

Mesin Xenia 1.000 Cc 2016 Bergetar

CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 13:55 WIB
Mesin Daihatsu Xenia 1.000 cc  3 silinder memiliki karakteristik bergetar. Getaran semakin terasa bila kerja masing-masing silinder berkurang. Daihatsu Xenia keluaran tahun 2016. (Foto: (Dok. Daihatsu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa penyebab mesin Daihatsu Xenia 1.000 cc keluaran tahun 2016 bergetar?

Penanya: @smaile_devil23

Jawaban:


Mobil-mobil dengan mesin 3 silinder kecenderungan getaran mesinnya lebih terasa dibanding dengan mobil mesin 4 silinder atau lebih. Mesin 4 langkah itu memiliki 1 langkah tenaga untuk setiap 4 langkah yang ada. Dan ini sangat umum.

Khusus untuk mobil-mobil dengan mesin 3 silinder, sebaiknya dijaga jangan sampai ada silinder yang tidak berfungsi akibat kerusakan dari coil atau busi atau injector-nya, karena ini akan mengakibatkan beban yang ada yang seharusnya dibagi ke silinder, jadi hanya dikerjakan oleh 2 silinder, bukan hanya mesin akan menjadi jauh bergetar namun bisa mengakibatkan kerusakan.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER