NASA Rilis Foto Pemandangan Terbaru Planet Mars

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 05:15 WIB
Foto tersebut diambil di atas Gunung Sharp pada 16 November 2021. NASA berhasil mengabadikan fenomena alam di Planet Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto pemandangan terbaru Mars. Foto tersebut berhasil diabadikan robot penjelajah Curiosity.

Curiosity merupakan robot penjelajah yang diluncurkan ke Planet Merah yang berusia 10 tahun sejak diluncurkan pada 26 November 2011 untuk menjelajahi permukaan Mars.

Baru-baru ini Curiosity melakukan perjalanan ke sisi Gunung Sharp di Mars, atau Aeolis Mons, sebuah gunung yang membentuk puncak pusat Kawah Gale.


Di sana, anggota tim misi menangkap keindahan pemandangan alam Mars dengan kamera navigasi Curiosity, menurut laporan Space.

Foto tersebut diambil di atas Gunung Sharp pada 16 November 2021. Robot penjelajah mengambil dua foto, satu pada pagi hari dan satunya pada sore hari.

Namun, tim JPL NASA sangat takjub oleh keindahan lanskap, mereka lalu menggabungkan dua versi gambar mosaik hitam-putih dari waktu yang berbeda dalam sehari.

Kemudian tim menambahkan warna oranye, biru, dan hijau. Warna biru melambangkan pemandangan pada pagi hari, warna oranye untuk pemandangan siang hari, dan warna hijau sebagai kombinasi keduanya.

Curiosity bukanlah robot terbaru di Mars, karena pada 18 Februari 2021 NASA meluncurkan robot penjelajah Perseverance. Namun sejak mendarat pada Agustus 2012, Curiosity telah menjelajahi permukaan Mars dengan mengumpulkan data ilmiah berharga gambar dari permukaan Mars.

Robot penjelajah itu mendarat di dalam Kawah Gale dalam sebuah misi untuk mempelajari kemungkinan pernah terjadi kehidupan di sana.

Gunung Sharp tempat singgah Curiosity, memiliki ketinggian 5,5 kilometer dari permukaan Kawah Gale. Ujung kawah tersebut bisa dilihat di cakrawala dengan jarak sekitar 30-40 kilometer dari Curiosity.

Penjelajah telah menemukan sebuah danau dan sungai, dalam dua tahun misinya mencapai dasar Gunung Sharp, yang setinggi 8 kilometer di tengah kawah.

Pada bulan Agustus dalam perjalanannya, robot penjelajah tiba di wilayah baru yang menarik bagi para ilmuwan karena batuan dan materialnya kaya akan mineral yang dapat mengungkapkan informasi tentang iklim planet.

Dikutip News Week, robot penjelajah sejauh ini telah melakukan perjalanan lebih dari 26 kilometer di Planet Merah dan terbang lebih dari 460 meter di atas tempat awalnya mendarat di kawah.

[Gambas:Video CNN]



(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER