Prancis Izinkan Operasi Mobil Otomatisasi Level 4, Pertama di Eropa

CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 02:42 WIB
Kendaraan otomatisasi level 4 yang diizinkan di Prancis itu tanpa sopir, setir, dan pedal gas/rem.operasi di P Kendaraan otomatisasi buatan EasyMile diizinkan beroperasi di Prancis, ini merupakan yang pertama di Eropa. (Antoine Heusse/easymile.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologi EasyMile menjadi penyedia kendaraan tanpa sopir pertama di Eropa yang diizinkan mengoperasikan level 4 teknologi otomatisasi di jalan publik di Prancis.

Menurut Society of Automotive Engineering (SAE), otomatisasi level 4 berarti suatu kendaraan tak memerlukan pengemudi di bangku sopir, tidak memiliki setir dan pedal gas/rem. Kendaraan dengan teknologi ini akan berhenti bekerja jika sejumlah syarat tertentu tidak terpenuhi.

Otorisasi pada EasyMile diberikan Kementerian Transportasi dan Kementerian Transisi Ekologi Prancis atas saran Menteri Dalam Negeri dan otoritas lokal. EasyMile akan melakukan eksperimen kendaraan tanpa pengemudi di Toulouse.


Dilansir dari situs resminya, izin diberikan setelah EasyMile menunjukkan kematangan teknologi kendaraannya pada 29 Juni lalu sebelum implementasi keputusan final sesuai sirkulasi kendaraan otomatisasi di jalan umum Prancis dimulai pada September 2022 mendatang.

Sejauh ini, EasyMile lulus pengujian ketat dan uji coba yang menunjukkan keamanan dan keandalan teknologinya. Ini adalah kemajuan besar bagi EasyMile, serta industri yang lebih luas, setelah mendapatkan validasi skalabilitas teknologi dan memposisikannya sebagai pelopor.

"Ini adalah langkah penting menuju komersialisasi nyata mengemudi otonom, baik di situs pribadi besar, maupun di jalan umum. Aplikasi teknologi kami untuk memindahkan orang dan barang terus berkembang, terutama di lokasi seperti kampus, kawasan bisnis, lokasi industri, dan komunitas masterplan," kata General Manager EasyMile, Benoit Perrin.

"Saya senang dengan masa depan karena semakin banyak yang mengadopsi transportasi bersama yang cerdas," imbuhnya.

Komersialisasi meningkat

Pemberian izin operasi kendaraan tanpa pengemudi di jalan juga seiring peningkatan penawaran EasyMile dalam 18 bulan terakhir. Kendaraan ini turut menggunakan skalabilitas yakni menempatkan orang di pusat kendali untuk mengawasi kendaraan saat berada di jalan.

Sebelumnya, EasyMile juga telah menguji dan mengembangkan pesawat ulang-alik tanpa pengemudi di berbagai lokasi di seluruh dunia. Untuk kendaraan otonom, EasyMile disebut telah melakukan uji coba di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, termasuk di Singapura, AS, Finlandia, dan Australia, yang memposisikan kendaraan tanpa otonom sebagai solusi transportasi.

Kali ini, EasyMile keluar dengan versi terbaru dari EZ10 yang memiliki kapasitas untuk 15 orang dengan tempat duduk empuk dan sabuk pengaman. Selain itu, perusahaan baru-baru ini juga menambahkan ramp otomatis dan titik jangkar kursi roda untuk penumpang penyandang disabilitas.

EasyMile telah melakukan uji coba layanan antar-jemput tanpa pengemudi di kampus medis Oncopole di Toulouse, Prancis, yang beroperasi di antara pintu masuk utama dan tempat parkir sejauh 600 meter di sepanjang rute lalu lintas campuran yang digunakan bersama dengan sepeda, pejalan kaki, mobil, dan bus.

(TTF/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER