Tak Ada Opsi Hyundai Creta Versi 7 Penumpang

CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 08:30 WIB
Hyundai Motors Indonesia meyakini pasar SUV lima penumpang besar di Indonesia. Hyundai Creta produksi Indonesia. (Arsip Hyundai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Motors Indonesia (HMID) disebut tak berencana membuat mobil produksi lokal pertama mereka, Creta, menjadi muat tujuh penumpang.

Mobil muat tujuh penumpang adalah rumus kesuksesan menjual mobil di Indonesia. Hal ini sudah terjadi pada low MPV Toyota Avanza, mobil terlaris sepanjang masa di Indonesia yang punya tujuh tempat duduk, dan sudah diikuti segmen lain misalnya LCGC, SUV, atau MPV yang lebih besar.

Menurut Chief Operating Officer HMID Makmur, saat ini SUV berkapasitas lima penumpang punya pasar besar di dalam negeri.


"Segmen SUV yang lima penumpang itu besar," kata Makmur pada Jumat (26/11) disitat dari Antara.

"Kami fokus ke 5-seater karena memang marketnya sangat besar. Jadi misalnya, konsumen yang di rumah sudah punya mobil 7-seater, mereka akan mencari lagi yang lima penumpang," tambahnya.

Saat ini Hyundai di Indonesia menjual dua model tujuh penumpang, yakni SUV bongsor Palisade dan MPV Staria dengan kapsitas hingga 7-11 orang.

Makmur mengatakan bahwa Creta yang diproduksi di Pabrik Hyundai Indonesia telah disambut baik konsumen pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Mobil yang dibekali dengan mesin 1.500cc MPI tersebut tercatat membukukan surat pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 670 unit pada debutnya di pameran itu.

"Ini produk pertama kami dan dapat sambutan baik di GIIAS. Ini fantastis," kata Makmur.

Selain Creta, produk Hyundai lain yang juga laris di GIIAS adalah Palisade dengan catatan 420 SPK. Kemudian unit mobil listrik Kona dan Ioniq juga cukup laris di acara tersebut dengan mencatat SPK sebanyak 100 unit.

Creta sendiri dibanderol dengan harga mulai Rp279 juta untuk tipe terendah dan Rp399 juta untuk tipe tertinggi. Creta sudah bisa dipesan konsumen namun produksinya baru dimulai pada Januari sehingga distribusi unitnya ke konsumen dikatakan HMID akan terjadi pada akhir Januari atau awal Februari.

(lnn/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER