Sigra LCGC Terlaris Oktober 2021, Brio Ketinggalan

CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 18:21 WIB
Daihatsu menguasai penjualan LCGC pada Oktober, Sigra adalah model terlaris sedangkan Ayla menjadi yang kedua. Daihatsu Sigra menjadi model LCGC terlaris pada Oktober 2021. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjualan mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) didominasi Daihatsu Sigra pada Oktober 2021. Mobil jenis MPV yang muat tujuh penumpang ini laku 4.773 unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui data wholesales selama Oktober merekam urutan kedua model terlaris segmen LCGC adalah Daihatsu Ayla dengan 2.643 unit.

Sedangkan urutan ketiga ditempati Toyota Calya dengan 1.606 unit dan posisi empat Agya 1.406 unit.


Berikutnya urutan dua terakhir pada penjualan LCGC di Indonesia ditempati Honda Brio dan Suzuki Karimun Wagon R dengan perolehan masing-masing sebanyak 1.197 unit serta 550 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) bilang saat ini Brio masuk ke dalam kategori yang terkendala untuk urusan chip sehingga produksi terganggu.

Di Indonesia, model Honda yang memiliki masalah pada kelangkaan lantaran menggunakan chip semikonduktor serupa di antaranya Brio, Mobilio, dan generasi lama BRV.

Namun diketahui produksi Brio kini telah lebih diutamakan sehingga Honda 'mengorbankan' produksi Mobilio di Indonesia. Selain model Satya, Brio juga tersedia dalam versi citycar dengan emblem RS.

"Karena back order Honda Brio yang panjang sekali, kami mengutamakan untuj memproduksi Honda Brio terlebih dulu sembari memproduksi Honda Mobilio secara bertahap," kata Billy dalam pesan singkat, Selasa (30/11).

Berbeda dari Honda, Suzuki sebelumnya telah mengumumkan perusahaan secara resmi menghentikan penjualan Wagon R sebagai salah satu strategi memulai kendaraan listrik di Indonesia.

Berikut wholesales LCGC Oktober 2021

Sigra 4.773 unit
Ayla 2.643 unit
Calya 1.606 unit
Agya 1.406 unit
Brio Satya 1.197 unit
Karimun Wagon R 550 unit

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER