Cara Mudah Ketahui Televisi Digital atau Masih Analog Agar Tak Tertipu

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 07:48 WIB
Cara mengetahui apakah tv sudah digital atau masih analog sangat mudah. Berikut caranya. Ilustrasi TV Digital. (Foto: iStockphoto/plej92)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara bertahap mengalihkan siaran TV analog ke digital atau Analog-Switch-Off (ASO). Program ini akan berakhir pada 2 November 2022.

Masyarakat yang televisinya masih menangkap siaran TV analog diharuskan menggunakan perangkat Set Top Box (STB) agar dapat menangkap siaran TV digital.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah tv sudah digital atau masih analog? Berikut beberapa cara mengeceknya.


Cek spesifikasi tv

Cara mengetahui apakah tv sudah bisa menangkap siaran digital atau masih analog yakni dengan memeriksa spesifikasi tv yang Anda miliki atau yang ingin dibeli.

Jika ingin mengecek spesifikasinya cukup memasukkan nomor model televisi Anda di halaman resmi merek tv tersebut atau mencarinya di internet.

Cari saluran digital

Cara ketahui apakah tv sudah digital atau masih analog yang terbilang mudah adalah dengan mengetesnya. Anda tinggal cari atau search channel dengan remot tv. Apabila muncul pilihan DTV atau channel digital, berarti tv Anda sudah bisa terima siaran digital.

Namun jika tidak ada sama sekali, bisa dipastikaan itu merupakan TV analog karena televisi Anda tidak dapat memproses channel-nya.

Periksa fitur HDTV

Selain itu Anda juga bisa memeriksa fitur HDTV yang biasanya terdapat pada bodi TV.

Pada TV yang sudah mendukung siaran digital biasanya memiliki label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan lain sebagainya.

Apabila Anda tidak dapat menemukan salah satu dari label tersebut, maka bisa dipastikan televisi Anda merupakan TV analog.

Cek tv di situs Kemkominfo

Kemkominfo menyediakan laman khusus bagi masyarakat untuk memastikan apakah perangkat televisi sudah mendukung siaran digital atau belum.

Caranya, cek tv digital di website Kominfo, di sini https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi?page=4

Apabila merek dan tipe TV Anda tertera di situs resmi itu, berarti Anda sudah menggunakan televisi digital dan tidak memerlukan STB (set top box) DVBT2.

Sebagai informasi STB adalah alat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di tv analog biasa.

Lewat STB Anda tidak perlu lagi mengganti tv analog yang sudah Anda miliki untuk dapat menikmati siaran digital.

Infografis Alasan TV Analog Perlu Set Top Box TV DigitalInfografis Alasan TV Analog Perlu Set Top Box TV Digital. (Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian)
(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER