Kia Recall Carnival, Risiko Pintu Geser Terbuka Tiba-tiba

fea | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 13:35 WIB
Sebanyak nyaris 3.000 unit Kia Carnival produksi 28 Juli 2021 hingga 14 Oktober 2021 terlibat recall di Amerika Serikat. Kia Carnival. (www.kia.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak unit Kia Carnival saat ini menjalani recall di Amerika Serikat (AS) terkait masalah pada pintu geser. Sebanyak nyaris 3.000 unit produksi 28 Juli 2021 hingga 14 Oktober 2021 telah dipanggil untuk diperbaiki.

Menurut penjelasan Kia yang ditulis Carscoops, bagian plastik tertentu di dalam aktuator pelepas pintu geser secara elektronik diproduksi di luar spesifikasi oleh pemasok komponen.

"Akibatnya gerendel menempel tetapi dalam posisi terbuka, ini menyebabkan pintu geser tidak terkunci dengan benar. Meskipun pintu biasa mungkin tetap tertutup tanpa terkait, pintu geser tidak seperti itu. Pintu geser bisa selalu terbuka tiba-tiba, ini bisa berbahaya," jelas Kia.


Saat pintu geser bisa terbuka atau tak tertutup benar, Kia menjelaskan ada empat peringatan yang bunyi ketika mobil berhenti. Apabila sopir mengabaikan peringatan dan berkendara di atas 9,5 km per jam, peringatan terus bunyi dan indikator pada instrument cluster tetap menyala.

Peringatan itu tidak menyelesaikan masalah, namun dapat membantu pengemudi dan penumpang terhindar dari risiko masalah recall.

Menurut Kia, konsumen yang terdeteksi masalah ini akan dihubungi dealer pada 16 Desember kemudian diinstruksikan mengunjungi bengkel resmi buat mendapat perbaikan. Total jumlah Carnival yang terlibat sejauh ini sebanyak 2.956 unit.

Sebelum Carnival mengalami masalah pintu geser, sebanyak 2.744 unit model ini juga pernah jadi objek recall di AS karena masalah selang bahan bakar yang rusak.

Recall Carnival belum diketahui menjalar sampai Indonesia. Carnival baru saja diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada bulan lalu untuk menggantikan Sedona.

"Kita belum ada informasi dari prinsipal mengenai unit yang di sini, jadi enggak bisa kasih komentar lebih lanjut," ucap Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head Kreta Indo Artha (KIA) saat dihubungi.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER