TIPS OTOMOTIF

8 Cara Padamkan Tensi Tinggi Saat Nyetir Kondisi Macet dan Hujan

fea | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 15:55 WIB
Berdamai dengan keadaan adalah salah satu cara utama menghindari diri dari stres selama perjalanan macet dan hujan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Macet saat hujan deras dan berbagai kejadian 'aneh' yang menyertainya terkadang bikin tekanan darah makin tinggi atau stres. Ini bisa jadi kondisi berbahaya sebab jika tidak terkontrol dapat berisiko negatif, memposisikan diri dalam situasi yang tidak perlu, atau bahkan kecelakaan.

Dealer terbesar Toyota, Auto2000, memberi tips bagaimana menyiapkan diri buat menghadapi situasi macet:

1. Damai dengan keadaan

Pengemudi dan penumpang mesti menyadari bahwa masalah dalam perjalanan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan perlakukan diri siap menerima apapun risikonya.


Gunakan waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi. Ini dapat menjaga fokus dan waspada saat mengemudi.

2. Bikin kabin senyaman rumah

Area yang kerap dianggap paling nyaman bagi seseorang adalah rumah. Mengubah kabin mobil menjadi seperti ruangan favorit di rumah dapat meningkatkan kenyamanan dan rasa tenang.

Pastikan kabin terjaga kebersihannya, tambahkan pengharum buat menciptakan suasana rumah. Pastikan AC dingin dan perangkat pendukung lain seperti head unit dan wiper mobil berfungsi dengan baik.

3. Posisi duduk nyaman

Mengemudi butuh posisi duduk ergonomis buat akurasi dan kecepatan mengatasi segala kondisi sepanjang perjalanan. Posisi duduk itu jangan terlalu kaku namun tidak terlalu santai, titik tengah di antara keduanya merupakan opsi tepat.

Posisi duduk disarankan jangan terlalu tegak sebab bikin cepat lelah, tapi juga tak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan rileks memegang setir namun tetap dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.

4. Putar musik kesayangan

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas menenangkan diri di jalan. Musik disebut diperlukan buat mengurangi paparan sumber stres terhadap pikiran secara terus menerus.

Pilih jenis musik yang disukai dan dapat memperbaiki mood, namun jangan sampai terlena saat mendengarkan musik, pastikan tetap fokus saat mengemudi.

5. Tentukan rute

Pilih rute perjalanan yang bisa diandalkan dengan memanfaatkan peta digital via ponsel. Pantau media sosial atau radio untuk mengantisipasi masalah akibat hujan seperti pohon tumbang atau banjir.

Memajukan jadwal perjalanan adalah trik bagus buat menghindari stres dan menggiring pikiran lebih tenang karena tak dikejar waktu.

6. Peregangan saat macet

Melakukan beberapa gerakan peregangan otot dapat memperlancar aliran darah dan membantu menekan stres. Hal ini bisa dilakukan misalnya pada otot tendon kaki, jari tangan, dan leher, serta tahan dalam waktu 8 hingga 10 detik selama beberapa kali hingga otot tidak terasa kaku.

7. Jaga emosi

Pengemudi diimbau tidak terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain yang melakukan hal aneh seperti memotong jalur, belok tidak pakai sein, berhenti mendadak, atau lainnya. Anda lebih baik merespons hal itu dengan landasan
fokus pada keselamatan diri sendiri dan penumpang.

Jangan pula melakukan manuver agresif yang membahayakan pengguna jalan lain. Menjaga emosi dapat mengamankan energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting dan menjauhkan diri dari stres.

8. Merawat mobil

Mobil bermasalah ketika mengemudi dalam kondisi hujan lebih merepotkan. Ada baiknya pengemudi mengamankan mobil dulu sebelum mulai berkendara.

Bagian yang perlu dicermati seperti wiper, tekanan ban, AC, klakson, dan lampu-lampu.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER