TIPS OTOMOTIF

Sumber Bunyi Kasar di Mesin Motor Matic

fea | CNN Indonesia
Minggu, 05 Dec 2021 15:10 WIB
Jika area mesin atau CVT sepeda motor matic sudah muncul bunyi kasar yang tidak nyaman di telinga, itu bisa jadi tanda ada komponen yang mesti diganti. Ilustrasi mesin dan CVT sepeda motor matic. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suara berisik dari area mesin atau CVT di sepeda motor matic bisa disebabkan banyak hal. Hal paling umum yaitu karena komponen rusak atau sudah habis masa pakai, karena itu perawatan berkala sangat penting.

Menurut Suzuki ada berbagai hal yang menyebabkan mesin motor matic terdengar kasar dan sangat mengganggu, berikut ulasannya.

Roller tidak sempurna

Roller pada CVT umumnya berbentuk bulat, jika kondisinya tidak lagi sempurna membuat performa mesin bising dan kasar. Perubahan bentuk ini bisa disebabkan kebiasaan berkendara atau memang kualitasnya menurun dan sudah harus diganti.


Plastik slider menutupi roller

Indikasi suara berisik bukan hanya dari roller, tetapi juga bisa karena roller tertutup plastik slider. Jika kondisi ini dibiarkan berisik mesin bakal makin keras, selain itu muncul getaran pada motor yang membuatnya tidak stabil dikendalikan.

Gearbox aus

Gearbox yang sudah aus menimbulkan celah, ini disebut dapat membuatnya tidak presisi sehingga muncul suara berisik.

Grease kering

Pelumas gemuk atau grease yang kering pada CVT menandakan komponen ini tak mampu lagi melindungi gesekan komponen besi, hal tersebut dikatakan dapat jadi sumber bising. Ada beberapa faktor grease mengering, umumnya karena mendapatkan panas berlebihan.

Kampas kopling tipis

Suara decit keras dari area mesin yang bikin tidak nyaman telinga bisa ditimbulkan kampas kopling yang tipis. Efek lain masalah ini yaitu tarikan motor lemot.

V-Belt aus

Sabuk V-belt aus juga bisa menimbulkan suara kasar dari area mesin. Saat V-Belt seperti itu bentuknya mirip rantai motor yang kendur.

Dampak V-belt kendur bisa bergesekan dengan tutup CVT, dari ini disebut sumber bunyi kretek-kretek.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER