SpaceX Bangun Landasan Roket Baru untuk Misi ke Mars dan Bulan

lnn | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 07:19 WIB
SpaceX membangun landasan peluncuran roket luar angkasa baru sebagai bagian dari rencana eksplorasi ke Mars dan bulan awal tahun depan. Peluncuran Roket SpaceX Falcon 9 pada Desember 2020. (Foto: AP/John Raoux)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX, tengah membangun landasan peluncuran roket baru sebagai bagian dari rencana perjalanan ke Mars dan bulan tahun depan.

Landasan peluncuruan roket itu dibangun di Launch Complex 39A yang merupakan bagian dari Pusat Penelitian Antariksa Kennedy milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dekat Cape Canaveral, Florida.

Elon Musk mengumumkan pembangunan fasilitas peluncuran terbaru ini pada Jumat (3/12) melalui akun Twitter pribadinya.


"Pembangunan landasan peluncuran orbital Starship di Cape telah dimulai," kata Musk.

"39A adalah tempat penerbangan luar angkasa yang suci - tidak ada tempat yang lebih layak untuk landasan peluncuran Starship! (Kami) akan memiliki sistem dan menara darat yang serupa, tetapi ditingkatkan ke Starbase," papar Musk menambahkan.

Dilansir dari Republic World, kompleks peluncuran roket di Kennedy Center ini telah digunakan oleh SpaceX pada 2019 untuk landasan Starship, namun tidak ada pekerjaan konstruksi lain yang telah dilakukan sejak saat itu.

Proses manufaktur dan pengujian kapal luar angkasa Starship saat ini berpusat di Starbase, fasilitas milik SpaceX di Texas Selatan, dekat desa Pantai Teluk Boca Chica.

Situs itu telah menjadi basis uji coba prototipe roket dan kapal luar angkasa selama beberapa tahun terakhir.

Peluncuran roket tertinggi sejauh ini hanya mencapai 12,5 kilometer di situs itu.



Dilansir dari Space, Musk mengatakan SpaceX berencana meluncurkan roket luar angkasa lagi Starbase pada Januari atau Februari mendatang.

Pada tahun 2014, SpaceX menandatangani perjanjian sewa 20 tahun dengan NASA yang memungkinkan perusahaan menggunakan Pad 39A.

SpaceX sendiri sudah meluncurkan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy dari fasilitas peluncuran tersebut. Namun, SpaceX menyebut bahwa Starship raksasa membutuhkan infrastruktur baru.

(lnn/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER