Cara Cek Erupsi Gunung Berapi Lewat Ponsel

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 21:00 WIB
Peta itu merupakan hasil monitoring, pengalaman dan data di lapangan yang dihimpun oleh Badan Geologi secara berkala. Gunung Semeru mengeluarkan material panas, Sabtu (4/12). (Foto: ANTARA FOTO/ZABUR KARURU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempersilakan masyarakat mengakses situs resmi https://magma.esdm.go.id untuk mengetahui lokasi rawan erupsi gunung berapi di Indonesia.

Dalam peta tersebut, pengakses bisa mengidentifikasi keberadaan mereka masuk wilayah potensi erupsi gunung berapi seperti Gunung Semeru.

"Nah itu sudah ada sebetulnya peta-petanya. Bisa di lihat di website magma, ada peta rawan bencana radius 5 kilometer itu warnanya merah gelap itu harus dikosongkan," ujar Eko kepada CNNIndonesia lewat sambungan telepon, Selasa (7/12).


Menurut Eko, peta itu merupakan hasil monitoring, pengalaman dan data di lapangan yang dihimpun oleh Badan Geologi. Jadi pihaknya memprediksi lewat mana kiranya aliran lahar atau awan panas guguran akan mengarah.

Lebih lanjut Eko menjelaskan peta wilayah rawan bencana itu disarankan untuk tidak melakukan aktivitas atau bermukim di wilayah tersebut.

Tak hanya merekomendasikan kepada masyarakat, Eko menyebut peta wilayah itu juga secara berkala dilaporkan kepada pemerintah daerah setempat untuk kebutuhan informasi warga sekitar gunung berapi.

Melalui browser di ponsel

1. Buka ponsel
2. Ketik Magma ESDM di peramban
3. Link tersebut akan menyambungkan dengan situs ESDM yang menampilkan visual gunung-gunung di Indonesia. Gunung aktif yang mengeluarkan material panas akan memberikan keterangan semburan api di pucuknya.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER