Amazon Tutup Situs Analis Data Peringkat Alexa

rds | CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 12:23 WIB
Amazon tutup situs analis data Alexa.com diduga setelah traffic klien terus menurun. Founder sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos. (Foto: REUTERS/JASON REDMOND)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amazon mengumumkan rencana menutup sistem pemeringkat situs web global dan analisis data Alexa.com tahun depan.

Situs web yang telah berumur 25 tahun ini adalah anak perusahaan Amazon yang dikenal sebagai situs analisis data digital dan lalu lintas (traffic) website.

Selain sistem penilaian situs web global, Alexa.com juga menawarkan rangkaian lengkap analisis SEO dengan sistem berbayar bagi para kliennya.


Dalam sebuah pemberitahuan yang dirilis Amazon di situs Alexa, mereka akan menutup website itu per Mei 2022.

"Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keptuusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022," bunyi pemberitahuan tersebut.

"Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya utama Anda untuk meriset konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi."

Dikutip Bleeping Computer, Amazon selama ini telah berhenti menawarkan layanan langganan kepada kostumer. Sementara itu, pelanggan lama masih tetap memiliki akses ke data dan alat SEO Amazon.

Dengan keputusan ini, para pelanggan lama masih tetap bisa aktif menerima layanan Alexa hingga 1 Mei mendatang. Setelah itu, akses akan dicabut.

Amazon API juga akan pensiun pada Desember 2022.

Menurut data dari Semrush, lalu lintas organik Alexa.com terus menurun secara signifikan.

(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER