WhatsApp Sembunyikan 'Last Seen' untuk Kontak Asing

tim | CNN Indonesia
Selasa, 14 Des 2021 06:47 WIB
Aplikasi chat WhatsApp telah mengubah aturan privasi bagi para penggunanya. Perubahan akan diterapkan pada fitur 'last seen'. Ilustrasi. Aplikasi chat WhatsApp telah mengubah aturan privasi bagi para penggunanya. Perubahan akan diterapkan pada fitur 'last seen'. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi chat WhatsApp telah mengubah aturan privasi bagi para penggunanya. Perubahan akan diterapkan pada fitur 'last seen'.

WhatsApp sembunyikan informasi kapan terakhir pengguna online atau 'last seen' secara default. Jadi, tanpa perubahan pengaturan oleh pengguna, 'last seen' tak akan ditunjukkan.

Dilansir dari WABetaInfo, Last seen' atau waktu terakhir pengguna online di aplikasi tak akan terlihat oleh kontak asing, atau yang belum pengguna kenal sebelumnya.


Jika kini status 'last seen' pengguna ditunjukkan untuk Semua Orang (Everyone), nantinya secara default atau pengaturan pengguna, status 'last seen' akan ada di posisi Kontak Saya (My Contatcs).

Hal tersebut terungkap ketika seorang netizen menginformasikan di Twitter, bahwa ia menerima pesan dari WhatsApp Support pada 8 Desember lalu.

"Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum pernah mengobrol, untuk melihat 'last seen' Anda dan kehadiran online Anda di WhatsApp," isi pesan tersebut.

"Tak akan ada yang berubah antara Anda dan teman Anda, keluarga, dan rekan bisnis yang telah berkomunikasi dengan Anda sebelumnya," lanjut pesan tersebut.

Sebetulnya pilihan untuk tidak memperlihatkan 'last seen' atau waktu terakhir pengguna online sudah tersedia, tapi tidak dalam posisi default.

Bagi Anda yang ingin menyembunyikan aktivitas online di WhatsApp, Anda bisa memilih untuk menyembunyikan 'last seen' sepenuhnya, atau dari pengguna lain yang tidak masuk daftar kontak Anda.

Meski menunjukkan 'last seen' tidak terlihat begitu berbahaya untuk keamanan, namun WABetaInfo pernah mencatat bahwa hal tersebut bisa jadi celah bagi pihak ketiga.

(tim/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER