Kabupaten Tangerang Minta Bantuan Kominfo Soal Jaringan Internet

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Selasa, 14 Des 2021 17:07 WIB
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tangerang, Tini Wartini menjelaskan, selama ini Kabupaten Tangerang menggunakan dana mandiri membangun layanan internet. Ilustrasi jaringan internet. (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten Tanggerang terus mempercepat pembangunan layanan internet di wilayahnya. Pemkab Tangerang meminta bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) untuk membangun layanan internet di fasilitas pemerintahannya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanggerang, Tini Wartini menjelaskan, selama ini Kabupaten Tangerang menggunakan dana mandiri membangun layanan internet.

"Kendalanya anggaran, kami di Kabupaten Tangerang mandiri ya. Mungkin di sini ada pak Ismail siapa tahu 2022 ada program untuk di Kab Tangerang khususnya jaringan internet atau FO (fiber optic)," kata Tini dalam acara "Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun" disiarkan virtual, Selasa (14/12).

Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo yang turut hadir dalam acara langsung merespons permohonan program untuk mempercepat layanan internet di Kabupaten Tangerang.

"Kita Kominfo saat ini masih fokus menuntaskan daerah 3T. Daerah 3T ini daerah yang memang luar biasa. Saudara kita sejak merdeka sampai sekarang ada yang belum mendapatkan sinyal seluler untuk berkomunikasi," pungkas Ismail.

Meski begitu Ismail tak menampik bahwa permintaan anggaran itu menjadi perhatian Kemenkominfo, agar seluruh pemerintah daerah memiliki fasilitas yang memadai dalam melayani publik.

"Tapi saya paham kepentingan Bu Tini, ini untuk masyarakat di Tangerang di daerah yang membutuhkan pelayanan," tuturnya.

Tini tak menyebut berapa anggaran yang diminta untuk membangun fasilitas internet di Kabupaten Tangerang. Namun ia hanya membeberkan target pembangunan pada 2022.

Tini menjelaskan ada 80 titik fasilitas pemerintahan yang ditargetkan akan dibangun layanan internet pada 2022. Di antaranya Pos Pemadam Kebakaran dan kantor kelurahan.

"Jadi kita sekitar 25 persen lagi bisa mengakses internet dan jaringan FO di Kabupaten Tangerang, khususnya di yang jalur pemerintahan," tutur Tini.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER