Kaki Seribu 'Harfiah' Pertama Ditemukan, Punya Seribu Kaki Lebih

AFP | CNN Indonesia
Jumat, 17 Des 2021 13:30 WIB
Kaki seribu 'harfiah' ditemukan pertama kali. Sekelompok peneliti menemukan jejak hewan berkaki lebih dari seribu buah. Ilustrasi. Kaki seribu 'harfiah' ditemukan pertama kali. Sekelompok peneliti menemukan jejak hewan berkaki lebih dari seribu buah. (Foto: iStockphoto/ViniSouza128)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok ilmuwan telah menemukan kaki seribu yang sesungguhnya, secara harfiah. Spesies langka tersebut ditemukan terkubur dalam di Australia Barat.

Usai melewati sebuah penelitian, terbukti hewan serupa cacing tersebut memiliki total 1.306 kaki. Terbanyak sebelumnya adalah 750 kaki.

Hewan berjuluk Eumillipes persephone ini ditemukan 60 meter di bawah tanah lubang bor, area pertambangan Australia Barat.


"Nama spesies berasal dari dewi mitologi Yunani dunia bawah. Persephone, yang awalnya dari permukaan tetapi dibawa ke dunia bawah oleh Hades," kata peneliti Paul Marek dari Virginia Tech University kepada AFP.

Makhluk seperti tali panjang tersebut memiliki lebar kurang dari satu milimeter tetapi panjangnya hampir 10 sentimeter.

"Kepala berbentuk kerucut dengan antena besar dan paruh untuk makan," tulis penelitian tersebut.

Kaki seribu 'sejati' tersebut tidak memiliki mata dan tidak berwarna, ciri khas hewan yang menghabiskan seluruh hidup mereka di bawah tanah.

Mengomentari temuan tersebut, spesialis serangga Andre Nel (yang tidak terlibat dalam penelitian) menggambarkan makhluk baru tersebut sebagai makhluk yang luar biasa.

"Pada serangga yang tinggal di rongga, Anda biasanya menemukan kaki yang memanjang, bukan tubuh yang memanjang," katanya kepada AFP.

Penemuan tersebut disebut sebagai harapan bagi keanekaragaman hayati, terutama di daerah yang mungkin telah rusak oleh aktivitas pertambangan.

Sejarah dan sains mencatat kaki seribu merupakan satu dari beberapa hewan bernapas udara paling awal yang hidup di Bumi. Beberapa spesies yang telah punah disebut memiliki panjang lebih dari dua meter.

(AFP/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER