101 TEKNO

Cara Bersihkan 'Others' Biang HP Android Lemot

lnn | CNN Indonesia
Minggu, 26 Des 2021 06:54 WIB
Membersihkan 'Others' yang memenuhi memori ponsel Android dapat dilakukan untuk memperluas ruang penyimpanan. Ilustrasi. Membersihkan 'Others' yang memenuhi memori ponsel Android dapat dilakukan untuk memperluas ruang penyimpanan. (Foto: Istockphoto/ PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Membersihkan 'Others' yang memenuhi memori ponsel Android dapat dilakukan untuk memperluas ruang penyimpanan.

Manajemen memori pada ponsel merupakan hal yang sangat penting, terlebih untuk ponsel dengan ruang penyimpanan kecil. Penting diperhatikan karena ini berkaitan dengan performa ponsel.

Sistem manajemen memori pada ponsel Android mengkategorikan penggunaan memori berdasarkan jenis datanya, mulai dari Aplikasi, Games, Gambar, Video, Dokumen, hingga Others atau lain-lain.

File dengan kategori Others merupakan kumpulan file yang tidak secara spesifik bisa dikategorikan ke dalam kategori yang ada. File-file yang dimasukkan ke dalam kategori Others terkadang merupakan file yang sudah tidak dibutuhkan.

Terdapat beberapa jenis data yang biasanya dimasukkan ke dalam kategori Others, data-data tersebut yakni:

Data Aplikasi

Data aplikasi kemungkinan menjadi penyebab paling umum dari membeludaknya kategori Others. Ini biasanya mencakup file yang diunduh, patch OTA yang gagal, file cadangan server, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi streaming terkadang tidak berfungsi dan lupa menghapus data cache, yang akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel Android.

Kegagalan Back up

Google memungkinkan pengguna memilih untuk mencadangkan konten ponsel pintar ke cloud, baik Google Drive maupun platform cloud lain.

Menjaga sinkronisasi aplikasi ponsel pintar ke cloud memiliki sejumlah manfaat, di antaranya pengguna akan memiliki salinan data tersebut meskipun telah menghapusnya atau ketika ponsel rusak dan memori tidak dapat diakses.

Penyimpanan kata sandi, backup file aplikasi, ruang disk kosong, file sharing, dan fitur lainnya tersedia melalui penyedia cloud. Namun, upgrade harian dan sejumlah fungsi dapat menyebabkan layanan ini tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun sebagian besar hal seperti ini dapat segera diselesaikan, bisa ada kemungkinan proses backup gagal di ponsel pengguna dan file tidak diterima oleh layanan backup, seperti dilansir dari Fixwill.

Bagaimana cara membersihkan others? Simak halaman selanjutnya..

Cara Membersihkan 'Others'

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER