KALEIDOSKOP 2021

Daftar Mobil dan Motor Disuntik Mati 2021

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Rabu, 29 Dec 2021 16:00 WIB
Perusahaan punya berbagai alasan hingga akhirnya memilih menghentikan penjualan mobil dan motor tersebut. Isuzu Panther salah satu model mobil yang produksinya dihentikan. (Foto: Felix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil dan sepeda motor baru banyak diluncurkan di Indonesia sepanjang 2021. Kehadiran produk-produk itu sebagai pilihan berkendara konsumen. Namun di balik kehadirannya ada juga produk yang disuntik mati.

Perusahaan punya berbagai alasan hingga akhirnya memilih menghentikan penjualan mobil dan motor tersebut. Berikut ini daftar mobil dan motor yang telah disetop penjualannya di 2021

Mobil

Isuzu Panther

Isuzu resmi mengumumkan penghentian penjualan dan produksi Panther pada Februari 2021 baik model Multi Purpose Vehicle (MPV) dan pikap. Isuzu saat itu ingin fokus pada segmen kendaraan komersial dengan model lain.


Panther merupakan salah satu model andalan Isuzu yang dijual di Indonesia sejak 1991. Hingga pengumuman itu, mobil tersebut telah terjual 433.117 unit. Jumlah itu merupakan penjualan MPV dan pikap.

Keputusan ini juga artinya membuat Isuzu hanya memasarkan satu model mobil penumpang yakni Sport Utility Vehicle (SUV) Mux. Sedangkan mobil komersial antaranya Dmax, Traga, Elf, dan Giga.

Honda Jazz

Jazz yang menjadi salah satu mobil populer Honda di Indonesia resmi pensiun dan status ini diumumkan pada Maret 2021. Posisi Jazz kini digantikan City Hatchback dengan status produksi lokal.

Honda menilai karakter City hatchback dapat memenuhi keinginan pasar Indonesia di segmen hatchback, terutama untuk konsumen yang sebelumnya menyukai Jazz.

Sementara itu Honda dipastikan tidak akan kembali memasukkan Jazz generasi terbaru ke Indonesia karena menilai tidak sesuai dengan karakter konsumen di Tanah Air yang suka mobil berdesain sporty, sementara model Jazz baru lebih dinilai 'klimis'.

Nissan Terra

Nissan resmi menghentikan penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) Terra di Indonesia. Hal itu disampaikan Nissan Februari 2021. Sedangkan masa depan SUV Terra di Indonesia belum bisa diprediksi.

Menurut Nissan penjualan Terra di Tanah Air untuk selanjutnya masih dipelajari usai ketersediaan unit di Indonesia ludes terjual.

Mobil ini dirilis pertama kali di Tanah Air pada 2018 dalam ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS). Mobil yang didatangkan utuh dari Thailand itu dibekali mesin 2.488 cc bertenaga 187,4 Hp dan torsi 450 Nm.

Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi juga menghentikan penjualan SUV Outlander Sport di Tanah Air yang informasinya mulai bergulir awal 2021. Outlander Sport menyusul model lain Mitsubishi yang penjualannya dihentikan pada 2018, yaitu Delica dan Mirage.

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki pada November 2021 menyatakan produk mobil LCGC Wagon R secara resmi sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Saat itu perusahaan menyebut hendak mengganti fokus dari LCGC ke mobil listrik.

Sejauh ini Suzuki belum mengumumkan apa perusahaan akan membuat mobil pengganti pada segmen ini.

Honda Odyssey

Selain Jazz, Honda juga mengumumkan penghentian penjualan Odyssey di Indonesia pada Desember 2021. Saat ini perusahaan hanya akan fokus meniagakan sisa stok model itu pada dealer.

Honda Odyssey yang masuk ke Indonesia didatangkan dari Jepang. Honda Indonesia telah menjual Odyssey sejak 1994, sedangkan penyegaran terakhir dilakukan pada Februari 2021 dengan tambahan Honda Sensing, dan saat ini cuma tersedia satu varian yang harganya Rp888 juta

Odyssey stop dijual diduga lantaran produksi mobil ini di Jepang tidak lagi berlanjut.

BMW i3

BMW diduga telah menghentikan penjualan mobil listrik i3 di Indonesia. Hal ini diperkuat setelah perusahaan menghapus i3 dari daftar line up yang ada pada situs perusahaan.

Selain itu data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menunjukkan bila distribusi i3 ke jaringan penjualan resmi BMW selama 2021 terpantau hanya dua unit. Distribusi terakhir juga terjadi pada April sebanyak satu unit.

Pihak BMW yang dihubungi mengenai hal tersebut hingga kini belum memberi jawaban.

Daftar Motor yang Disuntik Mati di Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER