Toyota Fortuner Legender Sudah Diproduksi di Indonesia

CNN Indonesia
Senin, 27 Des 2021 18:44 WIB
TMMIN memastikan Fortuner Legender telah diproduksi di Indonesia sejak tahun lalu, namun tidak dijual di dalam negeri melainkan buat kebutuhan ekspor. Toyota Fortuner Legender sudah diproduksi di Indonesia. (Dok. Toyota Thailand)
Jakarta, CNN Indonesia --

Varian tertinggi Toyota Fortuner, Legender, sudah diproduksi di dalam negeri menurut pernyataan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Meski begitu sejauh ini dikatakan produk itu hanya untuk pasar luar negeri, belum ada kepastian resmi kapan dijual di Indonesia.

Fakta produksi Legender untuk ekspor diperkuat penampakannya dalam kegiatan seremonial ekspor perdana di Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban pada Jumat (17/12) lalu.


Pada acara siaran langsung yang ditayangkan di Youtube, Legender terlihat diparkir berjejer sambil menunggu giliran masuk ke kapal laut untuk diekspor ke negara pemesan. Tampilan depan Legender ini terlihat cukup kontras jika dibanding unit ekspor Fortuner standar yang berada di sampingnya. 

Selain kedua model ini, tampak juga model rebadge Daihatsu Ayla, Toyota Wigo, yang diketahui dijual di Filipina.

Legender hingga saat ini belum dijual di Indonesia, negara pertama yang meluncurkannya adalah Thailand pada tahun lalu. Selain Thailand, varian Fortuner yang desainnya mirip Legender juga saat ini dijual di Filipina namun dengan nama LTD.

Dari segi penampilan, varian Legender memiliki perbedaan dari Fortuner terutama pada bagian depan. Bagian gril dan lampu besar misalnya, telah terintegrasi desain baru LED DRL sehingga tampak lebih modern.

Pada bagian mesin, Legender memiliki dua varian mesin yakni 2.400 cc dan 2.800 cc dengan pilihan gerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) dan penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) Bob Azam mengonfirmasi pihaknya telah memproduksi Legender di Indonesia. Bob menyebut varian ini sudah diproduksi TMMIN sejak 2020 dan ditujukan untuk ekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Meski demikian, Bob tidak menjelaskan secara rinci mengenai negara yang menjadi tujuan ekspor Legender buatan Indonesia.

"Tahun lalu untuk Asia Tenggara," kata Bob.

Tangkapan layar Youtube yang menunjukkan Toyota Fortuner Legender sedang dalam perjalanan ekspor dari Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Jumat (17/12).Tangkapan layar Youtube yang menunjukkan Toyota Fortuner Legender sedang dalam perjalanan ekspor dari Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Jumat (17/12).(Tangkapan layar Youtube Kementerian Perhubungan RI)

Kemudian Bob juga menyebut Legender ditujukan ekspor dan bukan dijual di Indonesia karena konsumen di pasar lokal telah memiliki varian GR Sport. Varian baru Fortuner GR Sport telah diluncurkan di Tanah Air sebagai pengganti varian Toyota Racing Development (TRD) pada Agustus lalu.

Fitur pembeda varian Fortuner GR Sport dari varian lain di dalam negeri yakni memiliki sejumlah aksesori tambahan dengan tema sport namun pilihan mesin tetap sama, bensin 2.700 cc dan diesel 2.400 cc.

Toyota Astra Motor saat ini memasarkan Fortuner dengan harga Rp493 juta- Rp630,5 juta. Perlu dipahami harga ini dihitung melibatkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

(lnn/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER