Daftar Motor Disuntik Mati 2021 di Indonesia

CNN Indonesia
Rabu, 29 Dec 2021 07:51 WIB
Sama seperti mobil, berbagai model sepeda motor juga tercatat sudah discontinue di Indonesia pada tahun ini. Suzuki Smash sudah tidak lagi dijual di Indonesia. (suzuki.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sepanjang tahun ini tercatat ada berbagai model sepeda motor yang terpaksa disuntik mati di Indonesia dengan alasan tertentu, mulai dari produk yang tidak lagi sesuai pasar, keputusan prinsipal, dan hal lainnya.

Berikut ini rangkuman model motor yang tidak lagi diproduksi atau dijual diproduksi di Tanah Air dari tiga merek terbesar, yaitu Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Honda SH150iHonda SH150i. (Honda)

Honda SH150i

Honda telah menghentikan penjualan skuter matik bergaya retro SH150i dan menghapusnya dalam daftar jualan di situs perusahaan. Motor ini awalnya meluncur di Tanah Air pada 2017 dengan harga lebih dari Rp40 juta.


Penjualan motor ini lantas diduga telah dihentikan Honda sejak Mei 2021.

Moge Yamaha

Beberapa model motor gede alias moge Yamaha turut dihentikan penjualannya pada tahun ini. Moge tersebut di antaranya YZF-R1M, YZF-R1, dan MT09 Tracer.

Yamaha Indonesia belum menjelaskan sejak kapan persisnya tiga model tersebut tak lagi dijual.

Pada kanal CBU di laman resmi Yamaha Indonesia, kini perusahaan hanya menampilkan tiga model, yaitu MT09, MT07, WR250 R, dan TMAX DX.

Suzuki Smash

Motor bebek Suzuki Smash telah 'disuntik mati' pada tahun ini. Suzuki Indonesia tidak melihat peluang melanjutkan produksi dan penjualan Smash di Tanah Air sebab pasar motor bebek terus menciut.

Keputusan ini telah berlangsung sejak Maret 2021.

Stok motor berjargon si gesit irit ini sudah sangat sedikit, paling tidak hanya tersisa di sejumlah jaringan dealer Suzuki Indonesia.

Situs resmi Suzuki Indonesia juga terpantau masih menjajakan Smash yang dijual Rp16,85 juta untuk varian SR FI dan Rp16,1 juta buat R FI.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER