Telkomsel Tanggapi Merger Indosat dan Tri Awal 2022

CNN Indonesia
Selasa, 28 Dec 2021 19:30 WIB
Perusahaan telekomunikasi plat merah Telkomsel sambut baik merger dua kompetitornya Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia. Perusahaan telekomunikasi plat merah Telkomsel sambut baik merger dua kompetitornya Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia. (Foto: Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan telekomunikasi plat merah Telkomsel sambut baik merger dua kompetitornya Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengharapkan bergabungnya kedua perusahaan tersebut dapa mendorong industri telekomunikasi tanah air.

"Telkomsel menyambut baik atas konsolidasi yang dilakukan. Semoga aksi korporasi kedua perusahaan dapat menyehatkan serta mendorong perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia," katanya dalam sebuah pernyataan resmi, Selasa (28/12).


Hendri juga mengatakan bergabungnya Indosat dan Tri diharapkan dapat membantu mempercepat transformasi digital, serta berkontribusi dalam pemerataan layanan telekomunikasi di Indonesia.

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia dilaporkan akan efektif melakukan penggabungan bisnis atau merger pada 4 Januari 2022 mendatang.

Perusahaan hasil merger disebut akan memiliki nama PT Indosat Oeredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Managing Director of Ooredoo Group Aziz Aluthman Fakhroo mengatakan bahwa penggabungan bisnis kedua perusahaan dilakukan agar dapat saling melengkapi dan menciptakan perusahaan telekomunikasi digital yang lebih kuat.

Merger Indosat dan Tri ini efektif setelah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia menerbitkan persetujuan atas penggabungan usaha dan penerimaan atas pemberitahuan tentang perubahan komposisi kepemilikan saham Indosat yang mencerminkan pengendalian bersama.

Kedua belah pihak mengatakan bahwa merger dilakukan dengan memperhatikan kepentingan masing-masing perusahaan peserta merger, masyarakat dan persaingan sehat dalam melakukan usaha, serta jaminan tetap terpenuhinya hak pemegang saham dan hak para pegawai.

Rancangan penggabungan usaha kedua perusahaan disebut telah disusun oleh direksi dari masing-masing perusahaan.

Rancangan tersebut masih belum mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dari masing-masing perusahaan dan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hingga saat ini rancangan penggabungan usaha baru disetujui oleh dewan komisaris dari masing-masing perusahaan.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo menyatakan keputusan penggabungan bisnis (merger) dengan Hutchison 3 (Tri) bakal memperluas jangkauan jaringan dan meningkatkan kecepatan internet.

"Pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari perluasan jangkauan jaringan setelah proses penggabungan dan integrasi aset jaringan yang saling melengkapi dari kedua perusahaan selesai. Pelanggan akan menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi," kata Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Steve mengatakan dengan penggabungan itu pelanggan Indosat dan Tri dapat merasakan inovasi yang lebih besar dan akselerasi layanan digital baru, sebagai hasil dari merger dua perusahaan operator seluler itu.

(lnn/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER