TIPS OTOMOTIF

5 Cara Mudah Membersihkan Interior Mobil yang Kusam

CNN Indonesia
Jumat, 31 Dec 2021 17:20 WIB
Interior mobil yang kusam ternyata bisa dibuat kinclong lagi. Cara mudah membersihkan interior mobil yang kusam yang bisa dilakukan sendiri. Interior mobil yang kusam ternyata bisa dibuat kinclong lagi. Cara mudah membersihkan interior mobil yang kusam yang bisa dilakukan sendiri. (Foto: iStockphoto/Maria Argutinskaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seiring berjalannya waktu, interior pada sebuah mobil pasti akan kusam dan memudar. Tak ayal, hal ini pun akan membuat mobil Anda menjadi kurang sedap dipandang.

Ternyata interior mobil yang sudah kusam bisa dibuat menjadi lebih kinclong lagi. Cara mudah membersihkan interior mobil yang kusam ternyata tidaklah sulit.

Jika interior pada mobil Anda sudah kembali kinclong lagi, tentu saja hal ini akan membuat mobil yang Anda miliki semakin menawan.


Belum lagi jika mobil tersebut ingin Anda jual, interior mobil yang glowing tentu secara tidak langsung akan menambah nilai juga dari mobil yang Anda miliki.

Kusamnya interior pada mobil biasanya terjadi karena faktor usia. Hal ini diperparah lagi dengan seringnya mobil tersebut terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara mudah membersihkan interior mobil yang kusam.

1. Tisu basah

Open wet wipes flow pack, isolated on white backgroundCara membersihkan interior mobil yang kusam dengan tisu basah khusus untuk bagian berbahan plastik (Foto: Istockphoto/Marat Musabirov)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat interior mobil menjadi lebih bersih adalah dengan menggunakan tisu basah.

Ternyata, tisu basah yang sering Anda jumpai itu ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan interior pada mobil kesayangan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mengelap bagian interior mobil dengan tisu basah secara perlahan. Asalkan rutin, maka kotoran penyebab kusam yang menumpuk pada interior mobil bisa hilang.

Cara ini ampuh untuk membersihkan beberapa interior mobil yang terbuat dari plastik. Sebut saja dashboard, langit-langit, dan juga sisi bagian dalam pada pintu.


2. Sabun cair

Sabun cair menjadi cara mudah selanjutnya untuk membersihkan interior mobil yang kusam agar kembali tampak kinclong.

Karpet pada mobil menjadi salah satu bagian interior yang paling mudah kotor dan sering kali luput dari perhatian.

Untuk membersihkan karpet mobil yang penuh debu dan kusam, Anda bisa mencucinya menggunakan sabun cair. Sebelum dicuci, karpet terlebih dahulu dibersihkan dari debu dan juga kotoran yang menempel.

Karpet yang sudah dicuci sebaiknya jangan dijemur di bawah matahari langsung atau cukup dengan diangin-anginkan saja. Hal ini bertujuan agar karpet mobil kesayangan lebih awet dan tidak lekas kusam.

3. Pasta gigi

empty toothpaste close up.Cara membersihkan interior mobil yang kusam dengan pasta gigi (Foto: istockphoto/FabioFilzi)

Sudah menjadi sebuah rahasia yang umum jika pasta gigi jamak digunakan untuk membersihkan bagian interior mobil.

Selain mudah untuk didapatkan, pasta gigi juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pergi ke salon mobil.

Pasta gigi bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian interior yang sering kali tersentuh. Seperti bagian pegangan tangan tau knop tuas transmisi pada mobil manual.


4. Kuas

Kisi-kisi penyejuk ruangan atau AC yang kotor akan membuat udara yang dihembuskan menjadi kurang maksimal atau tidak dingin.

Kuas bisa Anda gunakan untuk membersihkan kisi-kisi AC agar terbebas dari debu dan juga kotoran yang menempel. Bersihnya kisi-kisi pada AC ini akan membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal.

5. Kain lap

Lap microfiber disebut yang terbaik untuk perawatan bodi mobil.Cara membersihkan interior mobil yang kusam dengan lap microfiber (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

Kain lap yang memiliki permukaan lembut cocok untuk membersihkan plafon pada mobil kesayangan Anda. Cukup dengan menggunakan lap setengah basah, lalu gosokkan pada seluruh plafon mobil dengan merata.

Setelah menggunakan lap setengah basah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering untuk menghindari jamur yang timbul karena terlalu lembab.

Kain lap juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan area dashboard pada mobil yang Anda miliki. Sama seperti membersihkan plafon, Anda juga harus segera mengelap area dashboard dengan lap kering.

Itulah beberapa cara  membersihkan interior mobil yang kusam agar terlihat bersih dan kinclong kembali.

(ahd)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER