TIPS OTOMOTIF

Tanda Filter AC Harus Diganti: Kabin Mobil Bau

ryh | CNN Indonesia
Kamis, 30 Dec 2021 21:00 WIB
Salah satu tanda filter AC sudah waktunya diganti adalah kabin mobil yang bau. Ilustrasi. Salah satu tanda filter AC sudah waktunya diganti adalah kabin mobil yang bau. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendingin kabin AC memiliki komponen fast moving alias yang punya sifat penggantian cepat, salah satunya bagian filter.

Awam biasanya kurang paham mengenai kapan atau waktu yang tepat mengganti filter AC tersebut. Padahal, ada beberapa tanda yang bisa menjadi acuan sebelum ganti filter AC.

Edwin Dwi Novianto, Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau menjelaskan mengetahui tanda filter AC harus diganti sebetulnya mudah.


Secara visual akan terlihat filter AC masih kotor walaupun sudah dibersihkan.

Tanda lainnya adalah hembusan angin blower mengecil karena terhambat kotoran pada komponen tersebut.

Edwin juga menyebut terdapat dampak cukup berbahaya jika pemilik mobil cuek dan tidak memperhatikan waktu mengganti filter AC.

Selain potensi masalah teknis, udara yang tak mampu tersaring dengan baik oleh filter juga bisa membahayakan penumpang. Ia juga menyebut filter AC tidak diganti akan membuat kabin mobil terasa bau.

"Sampai ada pula timbulnya aroma sangat tidak enak saat mesin pertama hidup. Kemudian filter AC yang sudah sangat kotor mengandung bakteri dan sudah pasti kurang baik bagi kesehatan orang di dalam kabin," kata Edwin.

Ia menambahkan seperti filter oli dan komponen fast moving lainnya, ada juga jangka waktu mengganti filter AC.

Namun jangka waktu itu tergantung model dan tahun produksi mobil. Untuk itu kita harus memeriksa buku manual atau konsultasikan ke bengkel terpercaya.

"Tapi secara umum, sebagian besar komponen yang juga punya nama lain filter udara kabin ini idealnya diganti antara setiap 25 ribu km atau 30 ribu km," kata Edwin.

(ryh/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER