Hyundai Recall Palisade di Indonesia, Masalah Kontaminasi Sistem Rem

fea | CNN Indonesia
Kamis, 30 Dec 2021 07:01 WIB
Recall Hyundai Palisade di Indonesia melibatkan 106 unit produksi 9-31 Maret 2021. Hyundai Palisade dinyatakan recall di Indonesia karena potensi kontaminasi minyak rem. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Motor Indonesia mengumumkan status recall untuk Palisade pada Rabu (29/12) karena potensi masalah kontaminasi cairan rem atau sering disebut istilahnya minyak rem. Ada 106 unit produksi 9 - 31 Maret yang terlibat recall ini.

Menurut penjelasan Hyundai Motor Indonesia, kontaminasi minyak rem disebut 'kemungkinan kecil' terjadi. Namun demi mencegah hal itu kejadian perusahaan memutuskan menggelar recall.

Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia, Makmur, mengatakan pihaknya saat ini sudah menghubungi pemilik unit yang terlibat recall serta memintanya ke dealer khusus untuk mendapatkan perawatan dan penggantian brake master cylinder. Proses penggantian komponen itu dikatakan sekitar 1,5 jam.


"Kami terus mengevaluasi data dari berbagai sumber dan tidak akan ragu untuk melakukan dan memperluas recall jika diperlukan," kata Makmur dalam keterangan resmi.

Palisade adalah SUV terbesar Hyundai yang dijual di Indonesia sejak akhir 2020. Sejauh ini penjualan unitnya sudah mencapai 2.100 unit per November, ini termasuk yang dibeli sebagai mobil dinas pejabat pemerintahan.

Recall Palisade karena masalah kontaminasi cairan rem sebelumnya sudah dilakukan di berbagai negara seperti Amerika Serikat pada Oktober dan Australia pada Desember.

Menurut penjelasan NHTSA, kontaminasi cairan rem dapat menyebabkan seal di dalam brake master cylinder membengkak kemudian mengurangi kinerja pengereman. Hal ini dikatakan memperpanjang jarak kemampuan rem menghentikan mobil sehingga berpotensi kecelakaan.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER